Satlantas Polres Lombok Utara Pastikan Tak Ada Tilang Manual

TANJUNG–Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Utara akan menerapkan instruksi Kapolri terkait larangan Polisi Lalu Lintas (Polantas) memberikan tilang secara manual dan melaksanakan Patroli Humanis melalui edukasi kepada pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Lombok Utara.

“Untuk sementara kita terapkan instruksi tersebut  di wilayah hukum Polres Lombok Utara,  namun tidak sekadar memberikan teguran secara humanis, di samping itu juga kita berikan helm gratis apabila ditemukan masyarakat yang sudah tertib berlalu lintas,” terang Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta melalui Kasat Lantas IPTU Asri Putra Bahari, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga :  Deretan Motor yang Diamankan Saat Balap Liar Sudah Bisa Diambil

Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa petugas Satlantas Polres Lombok Utara yang berada di lapangan juga akan menerapkan teguran yang bersifat humanis bagi pelanggar.
Sekaligus melakukan kegiatan di lapangan terkait pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (turjawali)

“Khususnya di lokasi yang terdapat gangguan kamseltibcarlantas di titik-titik rawan sebagai upaya preventif,” tandas IPTU Asri Putra

Lebih lanjut IPTU Asri putra mengungkapkan penindakan pelanggaran tidak menggunakan lagi tilang secara manual, kegiatan Satlantas Polres Lombok Utara lebih menitikberatkan pada kegiatan peneguran secara simpatik.

Baca Juga :  Ini Lima Titik di Mataram yang Dipasang Kamera Tilang, Hindari 10 Kesalahan!

“Kemudian memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas, tentang bagaimana cara pengguna jalan dalam mengemudikan kendaraan sesuai UU Lalu lintas No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan dan Jalan,” beber Kasat Lantas.

Pada kesempatan tersebut Kasat Lantas juga menyatakan bahwa semua blangko tilang manual yang dipegang personel di lapangan sudah dilaksanakan penarikan untuk tidak digunakan

Sesuai perintah Dir Lantas Polda NTB untuk menarik semua blangko tilang yang kemarin dipegang oleh anggota, tidak melakukan penindakan manual tetapi memaksimalkan penindakan secara elektronik/ETLE. (RL)

Komentar Anda