Satelit Telkom Error, Layanan Mesin ATM Terganggu

Satelit Telkom Error, Layanan Mesin ATM Terganggu
MESIN ATM: Tampak deretan layanan mesin ATM di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, yang sangat membantu para wisatawan dalam bertransaksi penarikan uang tunai. (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Gangguan jaringan satelit PT Telkom yang error (kesalahan), berdampak besar terhadap industri keuangan yang ada di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi NTB. sementara jaringan Telkom menjadi salah satu teknologi informasi yang dimanfaatkan sebagian besar industri keuangan, khususnya untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sehingga otomatis berdampak terhadap gangguan layanan perbankan.

Seperti dialami sejumlah ATM milik Bank BRI di wilayah Mataram dan Lombok Barat. Gangguan jaringan Telkom menyebabkan layanan ATM milik Bank BRI ini terganggu,sehingga tidak bisa melayani transaksi oleh para nasabah yang akan menarik uang tunai. Contohnya adalah mesin ATM milik Bank BRI di komplek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gerung, Lombok Barat, dan beberapa mesin ATM di Kota Mataram.

“Gangguan jaringan Telkom sempat membuat layanan mesin ATM terganggu, tapi hanya sehari saja. Karena kami di BRI langsung mencari solusi,” kata Kepala Cabang Bank BRI Mataram, Mohammad Harsono, Sabtu (2/9).

Harsono mengatakan, begitu ada laporan mengenai terjadinya gangguan jaringan Telkom, pihaknya langsung melakukan kroscek di sejumlah layanan mesin ATM di wilayah BRI Cabang Mataram. Karena tidak semua layanan mesin ATM Bank BRI menggunakan perangkat jaringan Telkom. Melainkan sebagian besar sudah menggunakan perangkat jaringan satelit milik Bank BRI sendiri.

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid