Sapta Marga belum Bebas Banjir

Sapta Marga belum Bebas Banjir
GENANGAN : Genangan yang terjadi di Kelurahan Sapta Marga di Jalan Sriwijaya Cakranegara belum lama ini. (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM-Kelurahan Sapta Marga Kecamatan Cakranegara masih menjadi langganan banjir atau genangan saat musim hujan. Jika hujan deras turun, maka maka beberapa lingkungan terutama di Lingkungan Panarage Utara digenangi air berjam-jam.

Kondisi ini terjadi beberapa hari lalu saat hujan mengguyur Kota Mataram dengan cukup deras. Kawasan ini tergenang. Bahkan titik Jalan Sriwijaya depan Hotel Golden Palace ke arah timur sekitar  50 meter tergenang, dan masuk ke  jalan-jalan lingkungan di Kelurahan Sapta Marga.

Lurah Sapta Marga I Wayan Suardhita mengakui kondisi ini. Wilayahnya memang belum bebas dari banjir dan genangan. Ini terjadi sudah cukup lama.” Memang sudah kejadian setiap tahun,” katanya kepada Radar Lombok (19/10) kemarin.

Ia menjelaskan banjir dan genangan dipicu karena kondisi saluran yang buruk sehingga aliran air tidak lancar. Ia melihat ada  penyempitan saluran dimana sebenarnya saluran itu dulunya adalah sungai kecil, tetapi sekarang ini sudah mengecil. Saluran tidak bisa menampung air sehingga merendam rumah warga.

Pihak kelurahan dan warga sudah berusaha menanggulanganinya dengan membuat sodetan agar air bisa lebih cepat mengalir. Sodetan itu lumayan mengurangi terjadinya genangan. “Kemarin yang parah itu Panaraga Utara,” ungkapnya.

Sebagai bentuk antisipasi pihaknya bersama warga menggelar gotong-royong membersihkan sampah di saluran kemarin. Warga mengangkat sampah agar air lancar mengalir.”  Luapan ini karena banyak sampah di saluran,”kata Gede.

Ia bersama warga yang lain  berusaha membuka jalan untuk air yang masih menggenangi jalan untuk masuk ke saluran.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid