Samsul Daftar di PDIP dan NasDem

Samsul Daftar di PDIP dan NasDem
JAJAKI: Politisi Demokrat Samsul Qomar (kanan) menjalin komunikasi dengan politisi PKS Lalu Suryade, beberapa waktu lalu.( AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Mantan Anggota DPRD Lombok Tengah (Loteng) dari Partai Demokrat, Samsul Qomar memantapkan diri maju pada Pilkada Loteng 2020. Sebagai bentuk keseriusan, ia sudah mendaftarkan diri secara resmi di PDIP dan Partai NasDem. “Dua parpol itu saya sudah daftar,” katanya, Selasa (1/10) kemarin.

Dia siap mengikuti mekanisme penjaringan di dua parpol tersebut. Begitu juga nanti di partai lain yang belum membuka pendaftaran seperti PPP. “Dengan pimpinan PPP saya sudah ada komunikasi. Dan saya siap daftar,” imbuh mantan wartawan tersebut.

Demokrat sendiri sudah mempersilakan kepada kadernya untuk membangun komunikasi dengan partai lain untuk kemungkinan koalisi. Sebagai kader Demokrat, ia juga siap mengikuti mekanisme partai, termasuk bersaing mendapatkan dukungan Demokrat dengan kader lain yang berkeinginan maju Pilkada Loteng, seperti Ketua DPC Demokrat Loteng Ahmad Ziadi dan Sekretaris DPD Partai Demokrat NTB, Zainul Aidi. Mengingat dalam menentukan siapa yang diusung, Demokrat berpatokan kepada survei elektabilitas. “Kita siap bersaing secara fair dan bermartabat dalam merebut tiket Demokrat di Pilkada Loteng,” imbuhnya.

Disinggung apakah dirinya akan maju sebagai calon bupati atau wakil bupati, Samsul mengaku fleksibel. Ia siap menjadi orang nomor dua, jika memang lebih berpeluang di posisi itu. Kendati ia lebih berkeinginan maju calon bupati. “Saya bersikap fleksibel saja,” tambahnya.

Selain komunikasi dengan parpol lain, dirinya juga berkomunikasi dengan sejumlah kandidat bakal calon bupati; berdiskusi soal masa depan Loteng. Misalnya dengan politisi PKS Lalu Suryade, mantan Wakil Bupati Loteng Lalu Norman Suzana, Lalu Saswadi, Lalu Syafi’i, dan lainnya. “Tetapi kita memang belum ada kesepakatan politik apapun,” tandasnya. (yan)