Sampah Pantai Labuhan Haji Bikin Malu Saja

KOTOR : Inilah wajah Pantai Labuan Haji yang bikin malu karena kotor oleh sampah.

SELONG-Pantai Labuhan haji yang selama ini banyak dikunjungi warga justru terbelit oleh persoalan sampah. Keindahan pantainya tercoreng oleh masalah sampah yang tidak tertangani.

Camat Labuhan Haji, Yusmeli hartini, menjelaskan, kondisi pantai Labuhan Haji memang menjadi persoalan saat ini. Sampah di pantai ini banyak dikeluhkan oleh pengunjung yang datang. Sampah yang ada saat ini harus segera dicarikan solusinya.”Sampah yang ada di pantai ini sebenarnya sampah kiriman dari sungai, menumpuk di pantai,” katanya.

Mengatasi sampah ini katanya, tentu harus melibatkan semua elemen. Termasuk pihak desa. Karena tak bisa dipungkiri, sampah yang ada saat ini merupakan sampah kiriman yang berasal dari desa-desa yang dibuang oleh masyarakat ke sungai.” Rencananya besok kami akan turun bersama desa sekitar membersihkan sampah ini. Karena dengan sampah ini kami merasa malu,” jelasnya.

Disampaikannya juga, membersihkan sampah di pantai ini menurutnya bukan cara yang efektif. Sehingga dalam waktu dekat pemerintah kecamatan bersama para kepala desa dan lurah duduk bersama mencari jalan keluar mengatasi persoalan sampah.” Kalau kita gunakan jaring sebagai penghadang sampah ini, kita harus duduk bersama membahas batasan-batasan yang perlu dipasangkan jaring agar sampah bisa diangkat dengan mudah,”ujarnya.

“ Selain memanggil kepala desa, juga kita akan kita panggil Pokdarwis membahas seperti apa yang akan kita lakukan agar pantai tidak sekotor sekarang ini,” imbuhnya.

Ia juga berharap pihak Dinas Lingkungan Hidup lebih rutin mengangkut sampah yang  ada di Labuhan Haji. Karena beberapa kali diminta justru belum digubris. “ Jujur saya malu dengan sampah ini, karena bupati meminta kita tetap membersihkan sampah,” jelasnya.

Untuk itu agar sampah bisa dituntaskan masyarakat sebenarnya jangan hanya mengharapkan pememrintah daerah saja. Pemerintah desa seharusnya membantu membersihkan dan menjaga keindahan wilayahnya dengan tidak memberikan masyarakat membuang sampah sembarangan.” Kita harapkan masing – masing desa segera membuat tempat pembuagan sampah, sehingga masyarakat tidak semena-mena membuang sampah,”pungkasnya.(wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid