Sambut MotoGP Mandalika, Astra Motor NTB Beri Pelatihan Mekanik

Caption : Hona NTB melatih masyarakat kawasan KEK Mandalika utk mekanik sepeda motor.

PRAYA – Pelatihan Mekanik Sepeda Motor Mandalika digelar pada Rabu 23 Juni 2021 bertempat di Hotel Puri Indah Subak. Acara yang terselenggara ini berkat kerjasama Diskop UKM NTB, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah NTB.

Tujuan kegiatan diadakan untuk membina potensi dari pemuda-pemuda dari 6 Desa penyangga dari skill teknis maupun knowledge untuk menjadi pengusaha bengkel maupun mekanik di dealer resmi Honda.

Dengan tema yang bertajuk ITDC Peduli Pendidikan Pemuda “Menjadi Calon Pengusaha Bengkel dan Mekanik Sepeda Motor Honda” Astra Motor NTB yang diwakilkan oleh Alan Vikhta selaku Technical Training Instructor berkesempatan hadir sebagai narasumber dan tutor. Pelatihan Mekanik Sepeda Motor ini merupakan pelatihan yang pertama digelar oleh ITDC dengan tujuan untuk memperdayakan dan pengembangan anak putus sekolah dengan memberikan basic dasar mengenai dunia otomotif serta training dengan melalukan magang di bengkel resmi Honda.

BACA JUGA :  Gubernur Siap Bahas Kasus GTI

Kegiatan pelatihan ini digelar secara offline atau bertatap muka tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yakni selain menggunakan masker, Handsanitize, juga seluruh Panitia dari ITDC, Kepala Dinas dan peserta pelatihan dilakukan Swab Antigen untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi UKM NTB H Wirajaya Kusuma mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 18 pemuda yg berasal dari 6 desa penyangga The Mandalika terdiri dari Desa Kuta, Sengkol, Sukadana, Rembitan, Mertak, dan Prabu di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

“Insyaallah pelatihan dilakukan selama 7 hari dan proses magang akan ditempatkan disejumlah bengkel AHASS selama 3 bulan. Kami berharapan kedepannya mereka dapat menjadi pemuda mandiri dan mampu membuka lapangan kerja di desa masing-masing,” jelas H Wirajaya.

BACA JUGA :  Kerugian Benih Jagung Tembus Rp 27 Miliar

Pada tahap seleksi, para peserta pelatihan harus melalui tes administrasi, tes tulis dan tes wawanara yang telah dilakukan pada 16-20 Juni 2021. Kemudian sesi pelatihan digelar selama tanggal 23 hingga 30 Juni 2021. Dan nantinya peserta yang sudah selesai pelatihan akan diberikan kesempatan magang di AHASS yang ada di Pulau Lombok dengan harapan mampu mengaplikasikan teori-teori yang sudag di pelajari. Masa magang ini akan dilakukan selama 3 bulan yaitu pada bulan Juli-September 2021.

Harapannya setelah kegiatan tersebut sudah selesai yakni pelatihan selama seminggu dan magang di AHASS selama 3 bulan, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan membuka bengkel umum ataupun menjadi mekanik karena melihat potensi didaerah sekitar kawasan wisata di THE Mandalika. (luk)