Sambut Firli, KAMMI Mataram Bawa Keranda Bertulis “JENAZAH KETUA KPK”

Puluhan mahasiswa KAMMI Mataram berunjuk rasa di depan Hotel Golden Palace Mataram tempat Ketua KPK RI Firli Bahuri menginap. Tampak keranda bertuliskan “Jenazah Ketua KPK” dibawa, Senin (28/6/2021). (IRWAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Mataram melakukan unjuk rasa di depan Hotel Golden Palace Mataram, Senin (28/6/2021). Dengan membawa keranda bertulis “JENAZAH KETUA KPK”, mereka menuntut agar Firli Bahuri dicopot dari jabatan Ketua KPK RI.

Firli sendiri diagendakan kunjungan kerja hari ini di Mataram. Salah satu agendanya ke Universitas Mataram dan dialog di TVRI.

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Mataram Muhammad Amir Akbar mengatakan, KPK saat ini tidak bekerja seperti tugasnya. Mahasiswa meminta kepada pemerintah agar jangan melemahkan KPK yang memiliki tugas memberantas korupsi. “Dengan situasi penangangan korupsi saat ini, KPK yang merupakan lembaga pemberantasan korupsi berubah menjadi lembaga pelindung korupsi,” jelasnya.

BACA JUGA :  GNPF MUI NTB dan KAMMI Tuntut Ahok Ditahan

Amir menegaskan, mahasiswa tidak rela KPK diintervensi, apalagi sampai dipesan oleh pejabat. “Pertanyaan yang diberikan KPK saat ujian TWK sangat tidak etis, itu melambangkan terjadinya pelemahan KPK,” tegasnya.

BACA JUGA :  Kuliah Umum Universitas Mataram Bersama Pimpinan KPK Dibatalkan

Apalagi lanjutnya, saat ini banyak kasus dihentikan. Tentu mahasiswa tidak akan tinggal diam. Mahasiswa meminta kepada pemerintah agar mencopot Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK RI.

Orator aksi lainnya, Irwan menyampaikan, datangnya Ketua KPK di NTB merupakan bentuk bahwa Gubernur NTB mendukung adannya korupsi.  Karena itu sikap Gubernur dipertanyakan. Mahasiswa yang berunjuk rasa juga tidak mendukung Firli memberikan kuliah umum, karena tidak serius memberantas korupsi. (wan)