Salam Tunggu Keputusan KPU

Petugas menertibkan baliho pasangan salam karena memasuki masa tenang.

MATARAM – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 1, H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburahman (Harum) unggul sementara berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat.

Namun, kemenangan sementara paslon Harum belum disikapi paslon nomor urut 2, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan (Salam). Mereka masih harus menunggu hasil real count dan rekapitulasi perolehan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram. “Kita tunggu hasil resmi KPU,” kata calon wakil wali kota Mataram nomor urut 2, TGH Abdul Manan, Kamis (10/12).

Atas perolehan sementara ini, Manan mengaku, ia dan pasangannya belum bisa mengambil sikap politik apapun. Termasuk menanggapi hasil hitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga. Pihaknya juga belum terpikir untuk menempuh gugatan atau proses tahapan politik seterusnya.“Prinsipnya, kita tunggu proses berjalan di KPU,” tandas Ketua MUI Kota Mataram ini.

Begitu pula disampaikan ketua tim pemenangan paslon nomor urut 4, H Baihaqi dan Baiq Diyah Ratu Ganefi (Baru), Zainul Aidi. Dia juga mengaku masih akan menunggu keputusan resmi KPU sebagai penyelenggara pemilu terkait siapa pemenang pilkada Kota Mataram. “Kita hormati proses berlangsung di KPU,” ungkap Zainul.

Sekretaris DPD Partai Demokrat NTB ini menambahkan, KPU punya otoritas dan kewenangan dalam menentukan dan menetapkan siapa peraih suara terbanyak dan pemenang di pilkada Kota Mataram. Walau demikian, diakui berdasarkan hasil hitung cepat pasangan Harum unggul dari tiga pesaingnya. Disadari, biasanya hasil hitung cepat itu tidak jauh meleset dengan hasil resmi oleh KPU. “Secara pribadi, saya ucapkan selamat kepada paslon Harum,” ucapnya.

Ditegaskan, pihaknya akan menerima legawa apapun keputusan KPU resmi nantinya. Dalam kontestasi politik di pilkada, dipastikan ada menang dan kalah. Pihaknya tentu akan menghormati siapa paslon jadi pemilih terbaik oleh warga masyarakat Kota Mataram. “Siapa terpilih itu pilihan terbaik masyarakat Kota Mataram,” pungkasnya.

Ucapan selamat juga disampaikan paslon nomor urut 3, H Lalu Makmur Said dan Badruttamam Ahda (Muda) kepada paslon Harum sebagai pemenang di pilkada Kota Mataram berdasarkan hasil hitung cepat. “Saya ucapkan selamat kepada pasangan Harum,” ucap calon wali kota nomor urut 3, H Lalu Makmur Said, Kamis (10/12).

Walau begitu, pihaknya tetap akan menunggu keputusan resmi KPU sebagai penyelenggara pemilu. Jika pun nanti paslon Harum ditetapkan KPU sebagai pemenang pilkada. Pihaknya tentu akan menerima secara legawa apapun yang menjadi keputusan resmi KPU. Karena konsekuensi dari sebuah pertarungan adalah akan ada kalah dan menang. Dan, paslon Muda siap dengan segala konsekuensi tersebut.“Kita hormati proses rekapitulasi yang tengah berjalan di KPU,” ucap mantan sekda Kota Mataram ini.

Baginya, siapapun terpilih adalah pilihan terbaik warga masyarakat Kota Mataram. Diharapkan, pasangan terpilih bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Mataram. “Siapapun pemenangnya, itu adalah terbaik,” pungkasnya.(yan)