Sakit Parah dan Tidak Punya Biaya Berobat,Bupati Sukiman Bantu Inaq Mursih

Inaq Mursih menjalani perawatan di RSUD dr Soedjono Selong (ist)

SELONG— Inaq Mursih (32 tahun) warga Dusun Beburung, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia Lombok Timur mendapatkan perawatan intensif di RSUD dr Soedjono, Selong.

Inaq Mursih mengidap penyakit sesak nafas setahun terakhir. Penyakit ini menyebabkan kondisi tubuhnya memprihatinkan. Apalagi dia hanya bisa berbaring terkulai lemas di rumahnya tanpa bisa mendapatkan perawatan medis yang memadai karena kondisi perekonomian keluarganya. Suaminya Agus Jumaharudin (37 tahun) mencari nafkah keluarga sebagai pekerja buruh tani.

Agus menuturkan, selama ini istrinya tidak mendapatkan pengobatan yang memadai. Selain kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan, juga karena tidak memiliki kartu BPJS. “Pernah saya bawa ke Puskesmas terdekat untuk melakukan pengecekan maupun perawatan. Tapi pihak puskesmas memungut biaya karena tidak punya BPJS. Dari sanalah kami tidak ada niat lagi untuk berobat,” tutur Agus di rumah kediamannya, Selasa (08/11).

Baca Juga :  Warga Tolak Pantai Ketapang Dikelola Desa

Agus menambahkan dirinya selama ini bukan tanpa usaha, bahkan berbagai upaya sudah pernah ia lakukan demi menyembuhkan sang istri, namun tidak ada hasil sesuai yang diharapkan.
“Mudah-mudahan pemerintah bisa membantu kartu BPJS, agar istri saya bisa berobat dan sembuh tanpa dipungut biaya,” ucap Agus.

Kepala Wilayah Dusun Beburung, Muliadi mengatakan, pihaknya juga pernah mencoba menggunakan surat-surat keterangan dari desa untuk dapat menanggulangi pengobatan Inaq Mursih, namun tidak berhasil sampai sekarang. “Nyatanya upaya yang kita lakukan itu tidak membuahkan hasil untuk melakukan pengobatan, sampai saat ini,” ujar Muliadi.

Melihat kondisi ini, beberapa tokoh masyarakat lainnya yang didampingi keluarga besar Lembaga Raga Sukma melakukan pertemuan dengan Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy guna mengadvokasi kondisi Inaq Mursih pada Senin (07/11). Hal itu dilakukan atas panggilan jiwa kepada sesama yang sedang membutuhkan bantuan. Mendapat laporan tentang kondisi warganya yang cukup menyentuh hati itu, Bupati Sukiman langsung memberikan arahan dan memerintahkan ajudannya untuk segera mengatensi masalah tersebut dengan cepat.

Baca Juga :  MUI Sepakat Ada Sweeping, Kemenag Ingin Lebih Humanis

Atas upaya itu, akhirnya sejak hari ini Inaq Mursih bisa mendapatkan pengobatan rawat inap di RSUD dr Soedjono Selong atas rekomendasi bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy, tentu dengan biaya gratis sebagaimana harapan keluarganya. ” Alhamdulillah, bapak Bupati sangat responsif dengan kondisi warganya. Semoga bantuan beliau bisa meringankan beban keluarga. Dan semoga bapak bupati selalu diberikan kesehatan dan dimudahkan segala apa yang dihajatkan,” tutup Ustad Zul tokoh masyarakat setempat seraya mengucapkan do’a.(rl)

Komentar Anda