Saber Pungli Jangan Dinilai dari Jumlah Tangkapan

Ilustrasi Pungli

GIRI MENANG-Sekretaris Daerah Lombok Barat H. Moh. Taufiq menegaskan, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli Lobar tetap bergerak. “Jadi Saber Pungli ini jangan dianggap banyak ditangkap itu banyak bergerak dia,” tegasnya, Jumat (3/2).

Hanya saja lanjut mantan Kepala BAPPEDA Lobar ini, Tim Saber Pungli Lobar saat ini lebih mengarah kepada pencegahan. Sehingga di dalam banyak kesempatan dilakukan sosialisasi dan pemahaman terkait pungli, agar jangan sampai dilakukan. “Setiap pidato yang disampaikan oleh anggota tim saber untuk jangan pungli, jangan pungli. Itu juga merupakan bentuk nyata,” terang Ketua Tim Saber Pungli ini.

[postingan number=3 tag=”pungli”]

Namun dengan mengedepankan pencegahan kata Taufiq bukan berarti tidak ada penindakan. Dalam artian apabila tidak bisa dilakukan pembinaan, maka akan dilakukan penindakan atau penangkapan. Dia pun menerangkan, saat ini pihaknya berfokus pada potensi pungli yang ada di di tingkat desa dan perizinan serta berbagai kegiatan lainnya.

Diterangkan pula, Tim Saber Pungli sendiri tidak ada target berapa kasus yang harus diungkap. Hanya saja seperti Polres Lobar itu ada targetnya. Dalam waktu dekat kata Taufiq, Tim Saber Pungli Lobar akan melakukan rapat untuk membahas progress yang ada. Selain juga terkait banyaknya aduan melalui Call Center Saber Pungli Lobar.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Kesbangpol Lobar I Ketut Sandiasa mengatakan, di Call Center sendiri banyak aduan terkait dugaan pungli di sekolah, desa, paket proyek. Pihaknya mengedepankan pencegahan. Namun apabila keterlaluan dan tidak bisa dibina, maka akan ditindak. (zul)