Saat Warga Desa Lelong Membutuhkan Air Bersih

‘’Pak Bupati, Tolong Kami Seperti Pak Polisi’’

Saat Warga Desa Lelong Membutuhkan Air Bersih
ANTRE: Warga Dusun Lendang Re Desa Lelong sangat antusias menunggu giliran dalam mendapatkan air bersih. (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

Dampak musim kemarau tahun ini mulai dirasakan sejumlah warga di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Sejumlah wilayah mulai merasakan kekeringan dan kekurangan air, terutama kebutuhan air bersih. Salah satunya warga Dusun Lendang Re Desa Persiapan Lelong Kecamatan Praya Tengah.


M HAERUDDIN-PRAYA


SENYUM warga Dusun Lendang Re Desa Persiapan Lelong Kecamatan Praya Tengah, langsung sumringah ketika melihat rombongan aparat Polres Lombok Tengah datang, Selasa kemarin (5/9). Karena sebelumnya, mereka sudah diberitahu akan dibantu air bersih. Tanpa diminta, para warga ini kemudian berjejer disertai dengan alat penampung air. Seperti bak, baskom, kentongan, ember dan sejenisnya. 

Karenanya, begitu rombongan aparat kepolisian datang mereka langsung tersenyum. Karena kedatangan para polisi kali ini bukan untuk menangkap penjahat. Melainkan datang sebagai ‘malaikat penyelamat’ bagi mereka karena akan membantu air bersih. Di mana selama tiga bulan ini, warga setempat nyaris tak menikmati air bersih.

Untuk minum dan masak, mereka terpaksa harus mengambilnya di sungai dekat kampung mereka. Air sungai yang sudah tampak hijau dengan lumutnya karena alirannya sudah tak deras lagi. Di situ juga, mereka harus mandi dan memenuhi hajat lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan air.