Saat Atlet NTB Persembahkan Emas Perdana di Ajang PON 2016

Pasangan atlet voli pasir putri kebanggan NTB, Putu Dini Jasita dan Dhita Juliana akhirnya mempersembahkan emas perdana bagi daerah ini usai mengalahkan tim voli putri Jatim I pada babak final yang digelar di Youth Center Arcamanik Bandung kemarin. Ini adalah emas perdana dari total target 15 emas yang dipatok NTB. Radar Lombok merekam langsung gemuruh semangat dari ratusan penonton yang hadir di pusat olahraga yang tengah dalam proses pembangunan ini.

 


Rasinah Abdul Igit—Bandung


 

Youth Center Bandung adalah stadion olahraga yang dibangun Pemerintah Kota Bandung yang terletak di Bandung bagian timur. Pemkot setempat membangun stadion baru ini dengan daya tampung sekitar 15 ribu penonton. Stadion dilengkapi dengan dua tribun masing-masing tribun timur dan barat.

Pertandingan final voli pasir berlangsung di tempat ini. Untuk tim putri, yang bertanding adalah NTB 1 Vs Jatim 1. Dimana Dini-Dhita berhasil dengan mudah mengalahkan lawannya dengan skor 2 : 0. Sementara di tim putra, yang bertanding adalah Jatim I dan Jogjakarta.

Pertandingan berlangsung di tengah suasana pengerjaan stadion. Dua crane utama berdiri, sementara sejumlah pekerja tengah tengah bekerja.

Arena pertandingan penuh oleh suporter masing-masing. Adu yel antara suporter Jatim dan NTB tidak terhindarkan. Setiap Dini-Dhita menambah angka kemenangan, yel-yel NTB semakin kencang terdengar. Pendukung Jatim 1 juga tidak mau kalah. Dua orang bertugas menabuh gendang, sementara yang lain menyanyikan lagu khusus. Suporter Jatim 1 memakai kostum hijau, mirip kostum kebanggaan Bonek (suporte klub sepakbola Persebaya Surabaya).

Tau bahwa ini adalah emas perdana bagi NTB, Dini-Dhita meluapkan kegembiraan dengan menyapa pendukung di tribun setelah menutup skor akhir. Wajah Putu sumringah. “ Ini adalah persembahan kami untuk NTB. Terima kasih atas dukungan semua pihak selama ini,” ungkap Dini  saat diwawancarai khusus oleh Radar Lombok.

Yang juga ikut bahagia adalah pengurus KONI Lombok Barat. Dini adalah atlet andalan Lombok Barat diantara atlet yang lain seperti Mila Sari, atlet pencak silat yang masuk semi final dan akan bertanding di Stadion Unpad Jatinangor Jum’at besok. Oleh KONI NTB, atlet Lombok Barat ditarget bisa menyumbang 2 emas dari 15 emas target NTB. Nah, Dini  dan Mila Sari adalah andalan untuk mencapai target 2 emas itu.   

Sebagai bentuk komitmen, pihak KONI Lombok Barat langsung memberikan bonus kepada Dini begitu pertandingan voli usai. Bonus diserahkan oleh Bendahara KONI Lombok Barat, Hamdan, disaksikan oleh Wakil Sekretaris Umum KONI Lombok Barat, Syauqi. “ Ini bentuk apresiasi kami bagi atlet-atlet Lombok Barat yang berhasil mengharumkan nama NTB,” ungkap Hamdan.

PON di “Tanah Legenda” Jawa Barat akan berlangsung hingga tanggal 29 September mendatang. NTB optimistis bisa meraih target. Masih ada beberapa cabang olahraga (Cabor) unggulan yang belum dipertandingkan.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menghubungi Radar Lombok untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Dini-Dhita. Saat pelepasan atlet PON Lombok Barat beberapa waktu lalu, Fauzan berjanji memberikan bonus bagi mereka yang berhasil menorehkan kemenangan. Waktu itu Fauzan tidak menyebut angka pasti. “ Yang pasti ada penghargaan dari kami,” ungkapnya.(*)