Rumaksi Masih Tunggu Hasil Survei

H. Rumaksi (Yan/Radar Lombok)

MATARAM—Anggota DPRD NTB dapil Lotim, Rumaksi, masih menunggu hasil survei untuk mengetahui tingkat elektibilitas, popularitas dan potensi kemenangan di Pilkada. Ia tidak ingin terburu-buru dalam pencalonan dirinya di Pilkada gumi Patuh Karya 2018 mendatang.

"Saya masih tunggu hasil survey," katanya, di kantor DPRD NTB, Kamis kemarin (12/1).

Kemungkinan dirinya baru akan mengetahui tingkat elektibilitas dan popularitas yang dimiliki dari hasil survei pada Februari mendatang.  Lembaga survei independen baru akan melakukan survei pada awal Februari. Lembaga survei tersebut akan membantu dirinya terkait kemungkinan maju dalam suksesi Pilkada Lotim 2018.

"Kita sudah ada lembaga survei independen yang akan membantu dan segera bekerja melakukan survey," ungkap politisi Partai Hanura tersebut, Kamis (12/1).

Katanya, hasil survei tersebut akan menjadi penentu keputusan dirinya maju berlaga dalam perebutan kursi tampuk pimpinan Lotim. Andai nanti, dari hasil survei itu diketahui dirinya memiliki tingkat elektibilitas, popularitas dan potensi memenangkan pertarungan di Pilkada, ia memastikan siap ikut berkontestasi di Pilkada Lotim.

[postingan number=3 tag=”pilkada”]

Demikian sebaliknya, andai elektibilitas dan popularitas rendah, maka ia tak memaksakan kehendak maju dalam bursa pencalonan di Pilkada Lotim. "Kalau elektibilitas rendah, saya lebih baik fokus di DPRD saja," ujar mantan kepala Desa Bagik Payung tersebut.

Kendati demikian, Rumaksi pun mengatakan, dirinya juga terus mencermati dan menelaah dinamika perkembangan politik menuju suksesi Lotim. Sejauh ini, ia sudah ada komunikasi politik dan penjajakan dirinya baik dengan Parpol maupun figur lainnya sebagai kemungkinan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

Namun, Rumaksi memilih enggan berkomentar terkait parpol maupun figur yang diajak berkomunikasi dan menjajaki kemungkinan koalisi. "Dengan siapa dan parpol mana, tidak etislah saya sebutkan," ungkap wakil ketua Komisi I DPRD Provinsi NTB tersebut.

Selain itu, Rumaksi mengatakan, salah satu juga menjadi pertimbangan diri maju dalam kontestasi Pilkada Lotim adalah pasangannya. Baginya, pasangannya menjadi salah satu faktor kunci kemenangan dalam menghadapi suksesi Pilkada Lotim. Karena itu, faktor chemistry sebagai pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati akan menjadi penilaian prioritas bagi dirinya dalam menentukan pasangan.

Ia tak berharap, andai pasangan tersebut terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Lotim, maka kekompakan dan keutuhan pasangan tersebut tetap terjaga dan terjalin. Pasalnya, dengan kompleksitas dan kerumitan persoalan di hadapi masyarakat di Lotim. Mulai tingkat kemiskinan yang masih tinggi, kesehatan masyarakat masih buruk, sarana prasarana pendidikan masih buruk dan berbagai persoalan lainnya, sangat dibutuhkan ada kerjasama dan sinergi baik di antara pasangan bupati dan wakil bupati.

"Bagaimana mau bekerja dengan baik kalau bupati dan wakil bupati berantem. Hal ini tidak saya kehendaki," ujar politisi gaek Udayana tersebut.

Sementara itu, Ketua PAN NTB, Muazzim Akbar mengakui, Rumaksi salah satu sosok yang dilirik PAN sebagai bakal calon wakil bupati di Lotim. PAN ingin menduetkan mantan bupati Lotim, Sukiman Azmi dan anggota DPRD NTB dapil Lotim, Rumaksi, sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di Pilkada Lotim.

Ia berkeyakinan, duet tersebut akan menjadi pasangan tangguh dan kuat. "Saya yakin paket Sukiman Azmi- Rumaksi menjadi pasangan kuat," pungkasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut