Rumah untuk Warga Pesisir Ekas Rampung Bulan ini 

SELONG – Pembangunan 66 unit rumah warga di Desa Ekas Kecamatan Jerowaru dipastikan rampung bulan ini. Rumah dibangun untuk warga pesisir yang direlokasi lewat program TMMD dan Karya Bakti Kodim 16/15 Lombok Timur. “ Dari 66 unit rumah yang dibangun, tersisa tinggal 23 unit yang dalam proses. Sisanya sudah 70 sampai 80 persen,” ungkap  Dandim 16/15 Lotim, Letkol Inf. Amin Moch Said.

Relokasi dan pembangunan rumah baru berjalan bersamaan. Sejauh ini, sudah ada 43 unit rumah yang sudah dihuni warga. Ia mengklaim relokasi ini disambut baik oleh warga pesisir.” Dengan lokasi yang baru ini, warga akan terbebas dari bencana banjir rob,” terangnya. 

Selain manfaatnya, tempat baru yang ditawarkan Pemkab Lotim ini dinilai memuaskan. Mulai dari jenis rumah tipe 21 dengan tanah seluas 2 are, sampai dengan bagaimana warga langsung mendapatkan sertifikat tanah tersebut. 

Dijelaskan, rumah yang sudah dihuni tersebut rata-rata sudah tersedia listrik. “Tinggal air saja. Saat ini warga sedang mencoba membuat sumur dan kedepan akan dibantu agar saluran air bersih bisa masuk ke sana,” imbuh Said. 

Pihaknya memastikan relokasi tersebut bisa rampung bulan ini. “Akhir bulan ini selesai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy menerangkan bahwa Pemkab Lotim melakukan relokasi untuk menata kawasan pantai Ekas. “Tujuannya pantai bisa ditata dengan baik, dan masyarakat mendapat hunian baru yang layak,” terang  Sukiman. 

Proses pembangunan sendiri dipercayakan pada TNI melalui program TMMD dan Karya Bakti 2022. TNI dinilai mampu menyelesaikan pekerjaan lebih baik dan efisien dibanding dengan melibatkan pihak ketiga.(lie)

Komentar Anda
Baca Juga :  Tiga Bulan tidak Membaik, PD Agro Dibubarkan Saja