RTP Pancor Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

WISATA : Ruang Terbuka Publik (RTP) Pancor yang kini menjadi menjadi salah satu tempat favorit warga untuk dikunjungi.(M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG– Ruang Terbuka Publik (RTP) eks pasar Pancor atau atau yang dikenal dengan nama Taman TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, kini menjadi ikon baru.

Taman yang mulai dibangun tahun 2021 ini kini menjadi tempat nongkrong baru. Walau masih tahap finishing, namun taman ini mulai ramai dikunjungi. Meski tidak terlalu luas, namun taman ini tak kalah bagus dengan Taman Rinjani. Ada spot selfie. Taman ini juga mulai membangkitkan ekonomi warga. “ Enak kita duduk-duduk di sini, apalagi di waktu sore. Mungkin karena baru jadi, tempatnya bagus. Pemandangannya langsung ke jalan dan masjid besar Pancor,” ungkap Riyadah, salah seorang pengunjung asal Sakra Barat.

Ia bersama keluarga memutuskankan ke taman ini dan menikmati spot selfie yang ada. “ Cuma lahan parkirnya yang perlu disiapkan,” ungkapnya.

Lurah Pancor, M. Ridho, mengatakan, taman ini akan ditangani langsung oleh Pemkab Lotim dan diharapkan bisa menjadi bagian dari obyek wisatawa yang bisa menarik. Terlebih tujuan awal dibangunnya tempat ini ialah untuk menunjang wisata religi makam pahlawan nasional TGKHM Zainuddin Abdul Majid.” Bukan hanya sebagai destinasi tapi bagiamana juga tempat ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Dan sekarang perlahan sudah mulai terasa. Dimana para pelaku UMKM sudah mulai hidup lagi meskipun untuk sementara mereka meminjam di lahan yang masih belum dibangun,” ungkapnya.

Selain itu ia juga berharap supaya berbagai fasilitas tambahan untuk para UMKM sekitar segera dibangun. Terutama lapak pedagang untuk berjualan. Termasuk juga lahan parkir disiapkan.” Itu tentunya menjadi harapan banyak masyarakat,” ungkapnya.(lie)