RSUD Provinsi NTB Dukung Reakreditasi FK Unram

FASILITAS: Inilah salah satu fasilitas tempat pendaftaran rawat jalan di RSUD Provinsi NTB. (faisalharis/radarlombok)

MATARAM-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB yang merupakan rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK-UNRAM) terus memberikan dukungan dalam pengembangan dunia pendidikan kedoktaran di tanah Bumi Gora.

RSUD Provinsi NTB yang kini dinahkodai dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes. MH atau yang lebih akrab disapa dr. Jack selaku direktur sangat mendukung  peningkatan kualitas dunia pendidikan di NTB.

Terlebih FK Unram pada 26-29Juni 2022 akan dilakukan reakreditasi oleh Asesor, salah satunya nanti akan dilihat fasilitas yang ada di RSUD Provinsi NTB.

dr. Jack menyampaikan salamat dan dukungan kepada FK Unram agar dapat mempertahankan status akreditasi A atau unggul yang selama ini sudah didapatkan sebagai Fakultas Kedokteran dengan status akreditasi A.

“Kami jajaran direksi RSUD Provinsi NTB mengucapkan selamat kepada fakultes kedoteran Unram yang akan melaksanakan reakreditasi pada 26-29 Juni 2022. Semoga dalam proses pelaksanaannya sukses dan fakultes kedoteran Unram bisa mempertahankan akreditasi A ataupun akreditasi unggul,” ucap dr. Jack yang juga mantan Direktur RSUD Kota Mataram ini kepada Radar Lombok ditengah-tengah kesibukannya pada Jumat (24/6).

Atas dukungan RSUD Provinsi NTB yang salama ini sangat berkontribusi dalam mendukung kemajuan FK Unram, Wakil Dekan II FK Unram, DR. dr. Rohadi Sp.BS (K) menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dan kalaboran dari rumah sakit milik Pemerintah Provinsi NTB dalam persiapan pelaksanaan reakreditasi program kedokteran FK Unram.

Baca Juga :  RSUD Provinsi NTB Buka Rekrutmen 259 Pegawai

“Terima kasih banyak atas kerjasama dan kolaborasi jajaran direksi dan civitas hospitalia RSUD Provinsi NTB untuk persiapan pelaksanaan akreditasi program studi pendidikan dokter dan program studi profesi dokter FK Unram,”ucapnya.

Rohadi sapaan akrab dokter spesialis Bedah Saraf ini memaparkan, bahwa FK Unram memiliki Visi dan Misi. Dalam visi, Fakultas Kedoktaran Unram menjadi Institusi Pendidikan yang berperan Aktif dalam pengembangan IPTEK Kedokteran dan Kesehatan serta berdaya saing internasional tahun 2025.

Kemudian Misi, yang pertama, mengembangkan pendidikan kedokteran dan kesehatan yang berkualitas dan beretika. Kedua, mengembangkan dan melaksanakan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan yang kreatif dan inovatif.

Selanjutnya ketiga mengembangkan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan, mengembangkan dan memanfatkan IPTEK kedokteran dan kesehatan bagi masyarakat.

Berikutnya dalam misi ke empat, menyelenggarakan sistem manajemen institusi pendidikann kedokteran dan kesehatan dengan tata kelola yang baik, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, efektif dan efisien, berbasis teknologi informasi.

Kelima, nembina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga kedokteran dan kesehatan serta lembaga lain. Dan ke enam, mengembangkan muatan lokal berbasis kepulauan.

Sementara untuk visi dan misi dalam mengembangkan Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Profesi Dokter dengan Visi, menghasilkan lulusan dokter sesuai standar kompetensi dokter Indonesia dan unggul dalam kedokteran kepulauan, dan mampu berperan aktif dalam Pengembangan Imu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran yang berdaya saing internasional tahun 2025.

Baca Juga :  HUT Ke-52 Tahun, RSUD Provinsi NTB Siap Go Internasional

Hal itu akan diwujudkan dalam Misi, pertama, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas dan beretika dengan kekhasan pada penanganan masalah kesehatan berbasis kedokteran kepulauan.

Kedua, mengembangkan penelitian kedokteran yang inovatif dan kreatif agar dapat menjadi pusat pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran.

Ketiga, Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi kedokteran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dan memanfaatkan jaringan kerjasama nntuk mendukung pencapaian daya saing internasional.

Rohadi juga menjelaskan bahwa untuk indikator pencapaian daya saing internasional. Yakni, minimal 1 program studi di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram terakreditasi/ tersertifikasi Regional/internasional.

Kemudian, pelaksanaan program short course dan kelas internasional berjalan dengan baik. Melakukan MoU Internasional yang ditindaklanjuti meningkat. Riset kerjasama internasional meningkat. Pengabdian kepada masyarakat kerjasama internasional meningkat. Publikasi internasional dosen dan mahasiswa meningkat. Intensitas penyelenggaran seminar internasional meningkat.

Selanjutnya, dosen yang berperan sebagai keynote speaker pada seminar internasional yang diselenggarakan oleh lembaga lain meningkat. Kemampuan berbahasa inggris sivitas akademika meningkat.

Peningkatan akreditasi jurnal penelitian. Keberadaan dosen yang berperan sebaga mitra bestari jurnal internasional.Kegiatan lecturer dan student exchange terselenggara secara reguler. Dan, ada aspek sarana dan prasarana, tersedia untuk penyandang disabilitas. (sal)

Komentar Anda