RSUD Kota Mataram Sediakan Motor Ambulans dan Perawat Cantik

Perbaiki Kualitas Layanan

RSUD Kota Mataram
SEMANGAT : Salah satu petugas bernama Solatiah saat hendak berjalan memantau pasien di halaman RSUD Kota Mataram kemarin. (Sudir/Radar Lombok)

RSUD Kota Mataram terus memperbaiki layanan. Terkait dengan penanganan pasien gawat darurat, warga bisa menghubungi nomor layanan 119. Pasien langsung didatangi tim medis khusus di daerah yang tidak terjangkau mobil ambulans.


SUDIRMAN-MATARAM


Ada empat dara manis  tenaga medis yang ditugaskan khusus yang memberikan pelayanan langsung ke masyarakat di pelosok yang tidak terjangku mobil Ambulans. Mereka bertugas menjemput langsung pasien di rumahnya. Bahkan menangani langsung kejadian gawat darurat untuk daerah-daerah yang masih belum terjangkau mobil ambulans. Beberapa daerah sudah mulai sempit sehingga untuk penanganan menggunakan mobil ambulan petugas kewalahan. Untuk itu RSUD Kota Mataram terus berinovasi dalam memberikan pelayanan.

Petugas tetap stand by setiap saat di RSUD Kota Mataram. Motor jenis Honda Beat telah dimodifikasi dengan menempatkan bok bagian belakang tempat peralatan medis, sirine ukuran kecil, serta driver tenaga medis yang sudah profesional. Mereka siap menyasar kampong yang tidak bisa dijangkau ambulans.

Salah satu perawat yang ditugaskan yakni Solatiah yang sudah dua hari keliling menggunakan motor ambulans. Ia menyasar lingkungan untuk menjemput pasien maupun memberikan pelayanan medis kemarin (9/2).

Pengadaan motor ambulans dimulai awal bulan Februari lalu. Untuk tahap pertama ada empat unit motor. Selain perawat juga akan diberikan ke dokter sehingga pelayanan medis tetap menjadi utama.

Solatiah mengakui, selama bertugas  selalu siap menjalankan tugas bermodal ilmu yang telah dimilikinya. Menaiki motor beat nomor polisi DR 4542 AK, ia riang memberikan pelayanan ke masyarakat. “Sebelum berangkat, semua peralatan dicek. Seperti alat medis mapun obat yang dibutuhkan. Sudah ada mulai beberapa laporan dari yang mau melahirkan sampai orang pingsan mendadak, kita langsung ke lokasi,” tuturnya.

BACA JUGA :  Tapping Box di RSUD Kota Mataram Diduga Sengaja Dirusak

Banyak gang-gang buntu yang ditemukan seperti beberapa penangan di wilayah Cakranegara. Sementara rumah pasien yang membutuhkan pertolongan medis ada di tengah pemukiman padat penduduk. Jalannya kecil sehingga tidak memungkinkan untuk masuk mobil. “Setelah kita ketahui kondisi pasien baru, kita panggil mobil ambulans. Kita cek sekaligus memberikan penangan medis secepatnya, sesuai kebutuhan pasien,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang pelayanan Medis RSUD Kota Mataram dr. Emirald Isfihan menambahkan, untuk tahap awal ada empat kendaraan dan perawat yang disediakan. Beberapa lingkungan di Kota Mataram akan menjadi sasaran para tim medis, dalam memberikan pelayanan cepat dan tanggap.” Kita jemput langsung mereka, bahkan berikan penanganan. Kalau membutuhkan dokter langsung, kita juga sediakan,” katanya.

Selama ini kata pria asal Masbagik ini, banyak pasien yang tinggal di lingkungan yang memiliki akses jalan sempit sehingga kerap menjadi kendala dalam pertolongan medis. Dengan adanya motor ambulans, bisa tertolong. “Semua jenis penyakit akan kami tindak, baik dari warga Lansia, sampai balita dan ibu hamil. Warga bisa langsung telpon ke nomor layanan darurat 119,’’ singkatnya.(*)

loading...