Rp 700 Miliar untuk Perbaikan Infrastruktur Menuju Sirkuit

RAKOR: Suasana rakor untuk pembangunan berbagai infrastruktur menjelang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Senin (10/1). ( M.HAERUDDIN/ RADAR LOMBOK)

PRAYA — Pemkab Lombok Tengah bersama berbagai pihak melakukan rapat koordinasi terkait program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI yang dicanangkan untuk mendukung kegiatan MotoGP pada Maret 2022 mendatang. Kementerian PUPR menggelontorkan sekitar Rp 700 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur mendukung event MotoGP.

Wakil Bupati Lombok Tengah H M Nursiah menyampaikan bahwa ada beberapa proyek yang akan dikerjakan untuk mendukung event MotoGP, seperti pembangunan lanjutan bypas BIL- Mandalika, kemudian jalan Songgong- Nurul Bilad dilakukan perbaikan agar menjadi jalan yang layak, termasuk tampilan lingkungan sekitar bagi kampung yang berada di dekat sirkuit akan dilakukan penataan.

“Jadi ada perumahan dan warung akan dilakukan penataan. Tugas kita untuk membina masyarakkat agar warung di sepanjang jalan di depan Sirkuit Mandalika bisa kelihatan cantik, bersih, indah. Jadi warung ini akan dilakukan penataan sedemikian rupa, dan ini semua memang berada di luar areal Sirkuit Mandalika,” kata HM Nurisiah, Senin (10/1).

BACA JUGA :  KNPI Gelar Festival Seni Budaya Lokal

Nursiah mengaku anggaran yang disediakan mencapai Rp 700 miliar, memang banyak item yang dikerjakan untuk infrastruktur ini. Setidaknya ada tiga segmen yang akan dikerjakan, mulai kaitan dengan bypas BIL – Mandalika, penataan rumah warga dan lain sebagainya. Termasuk ada juga normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir dan lain sebagainya.

Adapun target penyelesaian bisa tuntas pada Maret mendatang. Dengan banyaknya item yang akan dikerjakan dengan waktu singkat ini, Nursiah berharap dukungan dari seluruh element masyarakat untuk mendukung kelancaran dari program yang sudah di canangkan tersebut. Karena ini sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, sehingga dalam perencanaan atau desain dan managemen perencanaannya sudah menjadi kewenangan pusat dan daerah hanya membantu mendampingi dan sosialisasi kemudian keamanan kedepan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

BACA JUGA :  Tiga Desa Disapu Puting Beliung

Nursiah menambahkan bahwa kedepan warung- warung yang berada di depan Sirkuit Mandalika pada prinsipnya bisa menjadi bersih dan layak untuk di pandang. Terlebih akan banyak wisatawan yang berkunjung nantinya ke KEK Mandalika saat event berlangsung.

“Rencana akan ada diberikan HPL untuk penataan warung dan itupun akan kembali kita bahas dan beberapa proyek ini sudah mulai dikerjakan, seperti untuk infrastruktur jalan. Kita berharap agar semua program ini bisa berjalan dengan lancar,”  harapnya. (met)