Rp 4,3 Miliar Uang Donasi Gempa Tetap Diawasi

Zaenal Idrus
Zaenal Idrus (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) mendapatkan donasi bantuan korban gempa sebanyak Rp 4,3 miliar. Anggaran dari berbagai pihak ini, sudah mulai digunakan dan terus diawasi. “Kita langsung membeli ke penyedia barang karena nilainya kecil,” ujar Kepala Pelaksana BPBD KLU, Iwan Maret Asmara kepada Radar Lombok, Senin (8/10).

BACA JUGA: Menkeu Klarifikasi Isu Pusat tak Perhatikan Korban Gempa NTB

Adapun penggunaan uang donasi tetap dikonsultasikan ke Inspektorat. Penggunaannya untuk keperluan pertukangan seperti gerobak sorong, linggis, hammer (palu), seng, dan tripleks, serta kebutuhan logistik. Pengalokasiannya ditekankan pada penyediaan berkaitan dengan pemulihan gempa.” katanya.

Setiap pengeluaran atau pembelian barang harus dibuktikan dengan kuitansi dan pelaporan dilakukan secara detail. Dalam membeli barang tidak dilakukan sembarangan, harus ada pengusulan dari tingkat bawah seperti kecamatan, baru selanjutnya disepakati pembeliannya. “Kita tetap mengacu ke permintaan para camat,” tandasnya.

Barang-barang yang sudah dibeli terus disalurkan sesuai kebutuhan di lapangan, hanya saja khusus alat pertukangan masih dikoordinasikan dengan kadus supaya penyaluran berjalan lancar. Untuk mengetahui secara detail berapa yang digunakan, bersumber dari mana saja, dan pengalokasian untuk apa saja, segera akan dipublikasikan kepada masyarakat.

Inspektur Inspektorat KLU, Zaenal Idrus mengatakan, pendampingan dan pengawasan tetap dilakukan didampingi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB. Setiap pengeluaran dan pemasukan tetap dilaporkan disertai bukti, karena penggunaan uang donasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

BACA JUGA: Apa Kabar Uang Kaget Tenaga Kesehatan?

Hanya saja yang menjadi rekomendasi ke BPBD yaitu mempercepat realisasi dan pendistribusian barang yang dibeli tersebut. Karena sampai saat ini masih banyak barang menumpuk tanpa langsung mendistribusikan. “Kita sejak awal ingatkan supaya realisasinya bisa dipercepat disalurkan,” imbuhnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut