Rp 38 Miliar DAU Lotim Kena Pangkas

HM.Juaini Taofik (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Covid-19 mengharuskan  pemerintah pusat melakukan refocusing anggaran yang diberikan ke daerah. Kondisi ini juga dialami oleh Lombok Timur.  Namun refocusing anggaran di tahun ini memang tidak sebesar tahun sebelumnya. Di tahun ini Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer oleh  pemerintah pusat untuk Lombok Timur dipangkas sebesar Rp 38 miliar atau sekitar 4 persen. Pemangkasan itu tak lain karena anggarannya dialokasikan untuk penanganan Covid-19.” Kondisi seperti ini tentu harus kita pahami. Terlebih lagi pemerintah pusat terus mendorong Pemda untuk melakukan refocusing anggaran bagi kegiatan penanganan Covid-19,” ungkap Sekda Lotim, HM. Juaini Taofik, kemarin.

Lebih lanjut disampaikan, pemotongan DAU 4 persen terbilang jauh  mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana di tahun lalu besaran DAU yang dipotong sampai 10 persen.”Kalau refocusing dan realokasi APBD Lotim tahun 2020 lalu mencapai Rp 142 miliar,” bebernya.

Namun dari 4 persen DAU itu, kemungkinan nanti akan terjadi penambahan sampai 8 persen tapi semua tergantung kondisi di daerah tersebut. Terutama berkaitan dengan perkembangan kasus Covid. Dalam arti jika masyarakat  memiliki tingkat kesadaran dan kepatuhan yang tinggi dalam menerapkan protokol maka  refocusing anggaran untuk tidak akan terlalu besar.  Dengan demikian berbagai proyek yang telah dianggarkan di APBD akan bisa dieksekusi sesuai perencanaan.” Kalau Prokes diterapkan dengan baik, itu sama artinya masyarakat  menyumbangkan PAD. Makan program pembangunan juga dapat berjalan baik,” paparnya.

Di tahun ini Pemkab Lotim masih tetap fokus dalam penangan Covid-19.  Bahkan sekarang ini Pemkab Lotim sedang putar otak siapkan anggaran untuk kebutuhan tenaga kesehatan. Termasuk juga anggaran untuk rapid antigen. “ Selain itu Pak Bupati juga ingin menyiapkan anggaran di sektor pertanian bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI yang pulang kampung. Karena sejauh ini ada 1.500 PMI yang telah dipulangkan,” tandasnya.(lie)