Rp 34 Miliar untuk Beasiswa Luar Negeri

Dr H Aidy Furqan (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)
Dr H Aidy Furqan (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa pengiriman mahasiswa untuk kuliah keluar negeri. Pemprov NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp 34 miliar yang bersumber dari APBD Perubahan 2020 untuk program beasiswa keluar negeri.

“Sebelumnya anggaran beasiswa luar negeri ini sebesar Rp 39 miliar, tapi sekitar Rp 5 miliar kena potong,” kata Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr H Aidy Furqan, Rabu (2/9).

Aidy menyebut, Rp 5 miliar yang dipotong tersebut digunakan untuk penanganan Covid-19, sesuai dengan penyesuaian anggaran. Walaupun ada penyesuaian anggaran ada beberapa sisi yang tidak dibayarkan, seperti di perguruan tinggi di luar negeri sudah ada pengurangan pembayaran. Dari perhitungan awal, karena tidak ada layanan tatap muka, kemudian beasiswa yang diprogramkan saat ini selain di luar negeri ada juga beasiswa miskin berprestasi dan beasiswa unggulan.

Selain program pengiriman mahasiswa keluar negeri, ada juga beasiswa dalam negeri sudah disiapkan anggrananya. Untuk program beasiswa keluar negeri ini diluar yang ditangani oleh LPP NTB.

Untuk program unggulan yang langsung berdampak atau dibutuhkan oleh daerah, Itu dibuka dibeberapa perguruan tinggi yang ada di NTB. Ada yang menerima 5, 10 mahasiswa. Misalnya, di Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) diambil 5 mahasiswa yang dibiayai jurusan pertambangan, namun khusus mahasiswa asal Dompu.

“Kenapa dari Dompu karena ada rencana pembukaan tambang di Dompu. Nanti pihak investor itu tidak mendatangkan dari luar tenaga kerja yang ahli dalam bidang pertambangan,” tandasnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaGunakan Elpiji 3 Kg, Petani Tembakau Di-warning
Berita berikutnyaAldiaz Kembali Banggakan NTB di Kancah Nasional