Rp 2 Miliar untuk SMAN 3 Lembar

GIRI MENANG—Rencana pembangunan SMAN 3 Lembar Kecamatan Lembar Lombok Barat (Lobar) sudah diinisasi sejak beberapa waktu lalu. Pembangunan tersebut rencananya akan diguyur bantuan sebesar Rp 2 miliar.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) Lobar, Maad Adnan mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dari total anggaran itu, sebesar Rp 1,7 miliar diperuntukan pembangunan fisik dan Rp 300 juta diperuntukan pengadaan buku, alat olahraga, dan fasilitas lainnya. “SMAN 3 Lembar telah mendapatkan anggaran Rp 2 miliar, tapi belum ditransfer ke daerah,” terangnya, Kamis (26/5).

Dari anggaran yang sudah diperuntukan untuk nilai fisik dan pengadaan fasilitas kebutuhan sekolah, jelasnya, untuk pelaksanaan pembangunan akan segera dilaksanakan jika anggarannya sudah cair. Karena itu, pihaknya akan membahasnya dengan masyarakat setempat terkait rencana pembangunan.

Luas lahan untuk pendirian sekolah tersebut, sambungnya, 1,1 hektar. Lahan ini telah dibebaskan dari anggaran APBD tahun 2015. Pihaknya menargetkan pada tahun ini sudah dipakai dan kini telah dibuka pendaftaran siswa baru.

Namun untuk semenetara, siswa baru akan numpang belajar di SMPN 4 Lembar sembari menunggu gedung diselesaikan. “Kami targetkan tahun ini sudah selesai, maka tahun 2017 telah bisa dipakai,” jelasnya.

Terkait lokasi pembangunan sendiri telah ada kesepakatan bersama masyarakat. Lokasi pembangunan sekolah ini letekanya leih muda diakses ketimbang SMAN 2 Lembar. Atas dasar itu, perlu adanya pembangunan sekolah di areal yang berdekatan dengan kawasan warga. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid