Rosiadi Sayuti Masuk Radar Demokrat

MASUK RADAR: Sekda NTB, Rosiadi Sayuti masuk dlaam radar Partai Demokrat dalam pilkada 2018 (Yan/ Radar Lombok)

MATARAM—Sekretaris Daerah NTB, Rosiadi Sayuti menjadi salah satu figur dari luar kader Partai Demokrat yang dibidik menjadi bakal calon gubernur di Pilkada NTB.

"Pak Rosiadi salah satu dari luar kader Demokrat yang kita pertimbangkan," kata Wakil Ketua DPD Partai Demokrat NTB, TGH Mahalli Fikri, Selasa kemarin (8/11).

Ia mengatakan, Partai Demokrat sudah menjaring sejumlah nama kader Demokrat yang berpotensi dan didukung di Pilkada NTB. Misalnya, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur Khairul Rizal, Ketua Fraksi Demokrat NTB, HMS Kasdiono serat dirinya sendiri.

Sedangkan, dari luar kader Demokrat selain Sekda NTB Rosiady Sayuti, ada Sekjen PB NW Pancor TGH Hasanain Djunaini dan Rektor Universitas Hamzanwadi Pancor, Siti Rohmi Djalilah.

Kendati demikian, nama-nama yang sudah masuk radar Demokrat, baik dari internal maupun eksternal akan disurvei terkait tingkat elaktabilitasnya. "Baik kader dan non kader, sama-sama punya peluang didukung Demokrat di Pilkada NTB," tambahnya.

Atas dasar itu, terangnya, akan diketahui tingkat potensi kemenangan kandidat tersebut dalam suksesi Pilkada NTB 2018. Andai dari hasil survei itu, figur diluar Demokrat lebih punya elaktabilitas, maka Demokrat akan memberikan kesempatan kepada figur diluar Demokrat untuk didukung dan diusung.

Pasalnya, Demokrat tak bakal ngotot untuk mengusung kader, jika memang tidak memiliki elaktabilitas tinggi.  Bagaimanapun, Partai Demokrat ingin memenangkan pertarungan di suksesi Pilkada NTB 2018.

"Partai Demokrat sudah menunjuk lembaga survei dan siap untuk bekerja," terangnya.

Pengamat politik NTB, Satriawan Sahak berpendapat, andai Partai Demokrat mengusung figur diluar kader sangat rentan menyulut konflik atau perpecahan di internal. Pasalnya, Partai Demokrat memiliki banyak kader potensial dan berkualitas.  Namun kenyataannya, mereka tersisihkan dari figur luar.

"Ini persoalan bakal dihadapi Demokrat kedepan," tandasnya.

Di sisi lain, Partai Demokrat tak bakal mungkin ngotot mengusung kader sendiri, jika tidak memiliki elaktabilitas memadai dan mumpuni. Ini karena potensi konflik atau perpecahan bisa diredam, jika komunikasi politik di internal Demokrat dikomandani Dr. TGH Zainul Majdi selaku ketua Demokrat NTB.

Sementara itu, Ketua Komisi I Bidang Politik DPRD NTB, Ali Ahmad menilai, sah-sah saja Sekda NTB, Rosiadi Sayuti masuk radar politik bakal calon Gubernur di Pilkada NTB 2018. Ia menilai, bukan tanpa alasan Rosiadi Sayuti masuk radar parpol tertentu. Apalagi mengingat, perjalanan karir birokrasi Rosiadi Sayuti relatif paripurna. Mulai dari dosen, kepala dinas hingga menjadi orang nomor satu di lingkup birokrasi Pemprov NTB. (yan/zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid