Rooney Sudah Samai Sir Bobby

PANANTIAN PANJANG: Rooney akhirnya bisa menyamai pencapaian Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak di Manchester United setelah penantian cukup lama.

MANCHESTER – Wayne Rooney sudah 1,5 bulan menanti momen tadi malam. Momen ketika Rooney akhirnya bisa menyamai pencapaian Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak di Manchester United. Momen bersejarah itu terjadi saat United melibas Reading dengan empat gol tanpa balas dalam babak ketiga Piala FA di Old Trafford, Manchester.

Gol pembuka pesta pada menit ketujuh yang menyejajarkan Rooney dengan Sir Bobby. Diawali assist Juan Mata, Rooney yang jadi starter lagi sejak dua pekan lalu itu dengan mudahnya memperdaya Ali Al-Habsi, penjaga gawang Reading. ''Momen membanggakan ketika bisa melakukannya (mencetak banyak gol) di klub sebesar United,'' ucap Rooney dalam wawancaranya kepada BT Sports.

Rekor Sir Bobby sudah tercipta sejak 1973. Itu artinya, butuh 43 tahun untuk bisa memecahkan rekor tersebut. BBC menyebut, Rooney membutuhkan 543 pertandingan untuk berhasil menyamai apa yang didapat legenda United tersebut. ''Saya akan nikmati hari ini, karena ini penghargaan sebenarnya,'' lanjut Rooney.

[postingan number=3 tag=”olahraga”]

Ini kali kedua Rooney merebut gelar pencetak gol yang terbanyak dari Sir Bobby. Di September 2015 silam, Rooney sudah mengambil alih status Sir Bobby sebagai top scorer timnas Inggris. Satu gol bukan satu-satunya kontribusi bomber 31 tahun itu. Rooney juga menjadi kreator di balik gol Anthony Martial pada menit ke-15.

Tidak berhenti di situ. Whoscored mencatat, Rooney sebagai pemain yang efektivitasnya paling bagus di antara pemain United yang lain. Dari enam shots, empat on target, efektivitasnya mencapai di angka 66,6 persen. Terbanyak key passes-nya dengan 5 kali, dan terbanyak crossing suksesnya dengan empat kali.

''Mengesankan, tapi saya ingin gol lebih banyak lagi darinya, saya ingin gol yang lebih penting lagi bagi kami,'' puji pelatih United Jose Mourinho dilansir Manchester Evening News. Hanya, pelatih yang sekali mengangkat trofi Piala FA pada edisi 2006-2007 itu enggan membandingkan Rooney dan Sir Bobby.

''Tentu saja, Sir Bobby ya Sir Bobby. Wayne ya Wayne, Wayne yang kini menjadi top scorer di sejarah klub kami, ini sesuatu yang mengesankan baginya,'' lanjut Mourinho. Di luar penampilan sang kapten malam itu, Marcus Rashford juga tidak mau ketinggalan menguasai panggung. Rashford dapat menciptakan dua gol masing-masing menit ke-75 dan 79. Bagi United ini victory kedelapan beruntun yang mereka dapatkan. Ini catatan terbaik United sejak 2009. (ren)