Rohmi Klaim Dukungan Parpol Sudah Cukup

ROHMI-FIRIN: Duet Rohmi-Firin ketika mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) di Kantor DPP PPP di Jakarta, beberapa waktu lalu. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Bakal calon gubernur (Bacagub) NTB Sitti Rohmi Djalilah mengklaim dukungan partai politik (Parpol) sebagai syarat maju pada kontestasi pemilihan gubernur (Pilbub) NTB, pada bulan November 2024 mendatang, sudah cukup.

“Yang jelas, untuk partai pendukung sudah ada. Tinggal kita tunggu saja surat resminya keluar, baru disitu kelihatan. Yang jelas sudah cukup untuk maju,” ungkap Rohmi, Ahad (7/7).

Hanya saja, perempuan yang kerap disapa Umi Rohmi ini belum memberitahu Parpol mana saja yang menjadi kendaraan politiknya nanti. Mengingat belum ada satupun bakal calon yang mendapatkan rekomendasi resmi dari Parpol untuk mendaftar di KPU. “Insha Allah, kan sudah bolak-balik dibilangin (sudah ada partai pengusung, red),” ucapnya.

Diketahui, duet Rohmi-Firin sedang fokus mencari Parpol pengusung di Pilkada nanti. Pasalnya, dengan komposisi koalisi Partai Perindo dan PDIP sebagai motor utama Parpol pengusung, tentu belum memenuhi persyaratan raihan kursi di DPRD yang berjumlah 13 kursi.

Kedua Parpol itu baru mengumpulkan 7 kursi di DPRD NTB, dengan rincian 4 kursi PDIP, dan 3 kursi Perindo. Sehingga untuk mengusung Cagub/Cawagub di Pilkada NTB 2024, pihaknya masih membutuhkan 6 kursi lagi.

Meski begitu, Rohmi mengaku optimis bakal mendapatkan restu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk maju di Pilkada NTB nanti. Terlebih Ketua DPW PPP NTB juga sudah memberikan signal bakal masuk dalam koalisi Rohmi-Firin.

“Optimis lah, karena memang belum keluar rekom, jadi wajar Ketua DPW menyampaikan (bar signal) itu. Segala sesuatu itu akan pasti, kalau rekom resmi sudah keluar untuk daftar ke KPU. Pendaftaran KPU kan 27-29 Agustus, masih lama, tetapi proses sudah jalan,” terang Rohmi.

Baca Juga :  Baliho Berlogo Pemprov, Lalu Gita: Relawan Terlalu Semangat

Tak terkecuali peluang dukungan dari Partai PKB, dikatakan Rohmi pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan semua partai dalam mempersiapkan untuk maju di Pilkada NTB. Tinggal menunggu bagaimana hasilnya ke depan. “Komunikasi dengan semua partai jalan,” ujarnya.

Paling penting adalah dukungan penuh dari Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo, TGB Muhammad Zainul Majdi terhadap paket Rohmi-Firin. “Dukungan TGB bagus, namanya bersaudara. Pokoknya kalau beliau pasti mendukung, pasti mensuport, namanya kakak ya,” tegasnya.

Ditegaskan kakak kandung TGB ini, pihaknya berjanji akan melaksanakan deklarasi Rohmi-Firin menjelang pendaftaran Cagub/Cawagub di KPU, Agustus mendatang. Terpenting saat ini adalah paket Rohmi-Firin sudah final, bahkan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. “Insha Allah, kalau itu sih akan berjalan dengan sendirinya,” ujarnya.

Terkait paket Cagub dan Cawagub yang banyak bermunculan jelang pelaksanaan Pilkada NTB, Rohmi menanggapi dengan santai. Menurutnya itu sangat wajar dalam pelaksanaan Pilkada. Namun terlepas dari itu, pihaknya cukup optimis dalam Pilkada nanti. Karena dalam Pilkada yang diadu adalah gagasan, dan setelah kontestasi selesai, biasanya para calon juga akan kembali saling rangkul.

“Namanya Pilkada, bagaimana kita bisa mengontrol. Kalau saya maunya dua paket saja atau tiga paket, kan tidak mungkin. Tapi apapun itu kita optimis, kita hadapi, karena Pilkada ini bukan perang, Pilkada ini adu gagasan. Selesai Pilkada, kita temenan lagi,” terangnya.

Demikian juga pihaknya bersyukur dengan hasil survei elektabilitas Rohmi-Firin yang terbilang tinggi dibandingkan dengan calon lain. Meski begitu dia tidak ingin hasil survei itu membuat lengah. Justru bagaimana agar konsisten menjaga elektabilitas tetap naik.

Baca Juga :  Kasus Kredit Fiktif, Eks Bendahara Polda Segera Dihadirkan di Sidang

Sementara itu, Ketua DPW PPP NTB, Muzihir mengungkapkan dirinya akan ke Jakarta, untuk mengecek langsung dan menjemput siapa kandidat Paslon penerima SK rekomendasi dukungan DPP PPP pada Pilgub NTB 2024. “Senin (hari ini) saya akan mengecek, apakah SK Rekomendasi DPP PPP di Pilgub sudah ditandatangani,” ucap Wakil Ketua DPRD NTB ini, kemarin.

Dia menegaskan bahwa PPP lebih condong ke salah satu Paslon Cagub dan Cawagub yang sudah mendaftar dan mengikuti proses penjaringan calon kepala daerah di PPP. “Kami lebih condong PPP itu ke Rohmi-Firin,” tegasnya.

Dia memastikan bahwa sudah tidak ada keraguan bagi PPP dalam memberikan tiket dukungan kepada Paslon di kontestasi Pilgub NTB. Namun begitu, dia meminta kepada semua pihak untuk bersabar menunggu terbit SK rekomendasi dukungan dari DPP PPP di Pilgub NTB. “Jadi bersabar, menunggu keputusan DPP,” ucapnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPW Partai Perindo NTB, Samsul Qomar mengaku optimis arah dukungan Parpol berlambang Ka’bah itu akan jatuh kepada duet Rohmi-Firin. Pasalnya, duet Rohmi-Firin sudah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh PPP sebagai kandidat Cagub dan Cawagub, termasuk Parpol mitra koalisi.

Pihaknya mengaku tidak ada keraguan lagi, arah dukungan PPP akan ke Rohmi-Firin di kontestasi Pilgub NTB. “Rohmi-Firin akan didukung koalisi PDIP, Partai Perindo dan PPP. Total 14 kursi, dan itu sudah melebihi dari 13 kursi yang dipersyaratkan,” ujar Qomar seraya menambahkan, duet Rohmi-Firin juga tengah membidik dukungan Parpol lain seperti Gerindra dan PKB, yang sejauh ini komunikasi berjalan cukup baik. (rat/yan)

Komentar Anda