Ritual Adat Empas Menanga Mual Dilestarikan

Ritual Adat Empas Menanga Mual Dilestarikan
RITUAL : Bupati Najmul Akhyar bersama Wakilnya Sarifudin menyaksikan ritual adat yang dilaksanakan salah seorang sesepuh di Desa Akar-Akar. (Ist For Radar Lombok)

TANJUNG – Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar bersama Wakil Bupati Sarifudin menghadiri acara ritual adat ‘empas menana mual’ di Desa Akar-Akar Kecamatan Bayan, Rabu (10/1).

Acara ritual melestarikan alam dan lingkungan ini dengan harapan sumber mata air dan sungai tetap dapat dipelihara dengan baik. Melalui kegiatan rutin yang dilakukan ini diharapkan selalu memegang teguh prinsip mempolong dan merenten. Sehingga setiap permasalahan baik adat ataupun tidak akan dapat diselesaikan dengan baik. “Saya juga sangat mengapresiasi agenda tahunan yang terus kita lakukan ini. Kita bersyukur kepada Allah atas rahmat yang diberikan, khususnya kepada masyarakat Akar-Akar dan Lombok Utara,” ucap Najmul.

Ia berharap mampu untuk memelihara adat dan budaya lokal di daerah ini, sehingga kedepannya dapat dinikmati oleh anak cucu. Acara ritual ini juga akan dapat menjadi tujuan wisata menarik bagi wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal. Kaitannya dengan acara ini, di mana tahun lalu telah melepas kurang lebih 5.000 ekor ikan ke sungai ini. Maka, tahun ini ikan yang akan dilepas menjadi berjumlah 10.000 ekor. Dengan harapan kedepannya akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. “Oleh sebab itu mari kita jaga dan kita pelihara apa yang telah kita pertahankan ini sehingga dapat terus berkelanjutan” pungkasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid