Riset IPR di Google Search, Menko Airlangga Paling Populer di Media Online

JAKARTA–Indonesia Political Review (IPR) melakukan riset media monitoring menteri kabinet Indonesia Maju untuk mengukur tingkat kepopuleran para menteri di media daring nasional.

Seperti dikutip dari laman kabargolkar.com, riset ini dilakukan selama tiga bulan sejak tanggal 1 Januari – 31 Maret 2021. Riset dilakukan terhadap 9 (sembilan) media online.

Metode yang digunakan dalam riset ini adalah melakukan pencarian data berita melalui Google Search dengan menggunakan kata kunci 34 nama menteri.

Hasil pencarian dan pengumpulan data ini tidak mutlak 100% karena sangat tergantung pada bagaimana Google meng-indeks artikel pada media terkait, akurasi pengumpulan berita dengan metode ini sekitar 96%.

Pada rentang 1 Januari-31 Maret 2021, dari 9 media yang dimonitoring terkumpul data 31.482 berita. Pemberitaan tertinggi berada pada bulan Maret dengan 12.999 berita.

BACA JUGA :  Menko Airlangga: 110 dari 542 Daerah Otonom Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Kemudian, menteri yang paling populer atau paling banyak diberitakan, urutan pertama diduduki Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan jumlah pemberitaan sebanyak 2.837, kemudian disusul Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan 2.779 kali pemberitaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto adalah menteri yang paling banyak diberitakan terutama pada isu PPKM Mikro terkait jabatannya sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga mendapatkan 2.837 pemberitaan.

Di posisi kedua adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang banyak dikaitkan dengan isu vaksin Covid-19 dengan jumlah pemberitaan sebanyak 2.779 pemberitaan.

BACA JUGA :  Airlangga: Momentum Ramadhan Penempaan Pemulihan dari Covid-19

Sementara di posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Erick Thohir diberitakan sebanyak 1.780 dan Budi Karya sebanyak 1.686 kali.

Adapun peringkat kelima diduduki Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dengan 1.683 kali pemberitaan.

Selanjutnya ada Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan jumlah 1.656 dan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dengan 1.564 pemberitaan.

Sementara, Menteri yang menempati posisi terakhir adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Darmawati yang hanya mendapatkan 106 pemberitaan. (*/gt)