Rinjani Travel Mart Tingkatkan Angka Kunjungan Wisatawan

Sukses : Rinjani Travel Mart (RTM) IV yang digelar di Sembalun beberapa hari lalu berjalan sukses. (Dok/Radar Lombok )

SELONG – Rinjani Travel Mart (RTM) IV yang digelar di Sembalun beberapa hari lalu berjalan sukses. Kegiatan ini disambut positif oleh para pelaku wisata.  Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta dari luar daerah bahkan luar negeri.  ” Suksesnya kegiatan ini tak  lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur termasuk dukungan dari para pelaku wisata lingkar Rinjani. Kita sangat mendukung kegiatan ini,” kata ketua Forum Trekking Organizer  (TO) lingkar Rinjani, Royal Sembahulun, ” kemarin.

Momen ini terangnya, dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama dengan sellers (penjual) dan buyers (pembeli). “Luar biasa acara ini, momentum ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjalin kerjasama dan tukur produk paket wisata yang kita miliki,” imbuh Royal.

Selama tiga hari penyelenggaraan RTM  para buyer selain menggelar business to business mereka juga diajak tur wisata ke berbagai obyek wisata yang ada di Sembalun dan berbagai daerah di Lombok. “Hari pertama, mereka diajak menikmati keindahan berbagai destinasi melalui paket wisata Sembalun Tour. Yakni berkunjung ke bukit Pengasingan, bale adat Sembalun Lawang, bukit Selong,  kedai sawah dan beberapa destinasi wisata di Sembalun,” paparnya.

Baca Juga :  Tersangka Kasus Alsintan Berpeluang Bertambah

Ia berharap acara ini bisa membawa perubahan, terutama di bidang pariwisata Lombok Timur dan khususnya Sembalun. Dan jadi magnet bangkitnya dunia pariwisata di daerah tersebut, setelah beberapa tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

Harapan itu bisa terwujud jika didukung oleh pemerintah dengan cara gencar promosi dan meningkatkan pelayanan serta membangun fasilitas penunjang seperti akomodasi, meningkatkan SDM masyarakat dan memasifkan UMKM yang ada. ” Kita berharap dengan Rinjani Travel Mart ini, dan kedatangn para travel agent dalam dan luar negeri di Sembalun. Semoga Sembalun semakin di kenal, sehingga orang yang berkunjung semakin banyak,” harap Royal.

Sementara  Camat Sembalun, Serkapudin, menyampaikan, agenda-agenda kepariwisataan seperti RTM ini sangat penting. Mengingat konstribusi yang diberikan akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan wisatawan ke Lombok Timur, khususnya Sembalun kedepan.

Baca Juga :  Antisipasi Corona Varian Baru, Pelaku Perjalanan Luar Daerah Diawasi Ketat

Termasuk peningkatan kemampuan SDM pariwisata, dan layanan servis kepada wisatawan juga akan meningkat, melalui tukar pengalaman dengan para pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. “Kita sangat berterimakasih kepada panitia, atas terselenggaranya RTM keempat di Sembalun. Bagaimna tidak ini momen langaka menurut kmi, karena secara tidak langsung pemerintah terbantu untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada disini,” ungkapnya.

Dengan mengajak para peserta RTM ke berbagai destinasi wisata di Lombok termasuk Sembalun, Serkapudin berharap setelah kembalinya ke daerah atau negara asal nanti, para pengusaha wisata itu bisa membuat dan menyusun paket-paket wisata ke Lombok, khususnya Sembalun. “Itu yang kita harapkan, semoga mereka datang lagi ke daerah kita untuk berwisata. Agar masyarakat benar-benar bisa merasakan dampak dari kegiatan RTM ini,” tutupnya.(lie)

Komentar Anda