Rinjani 100 Ultra Diikuti 756 Pelari dari 29 Negara

TINJAU : Bupati HM. Sukiman Azmy saat turun mengecek persiapan lomba lari ‘Rinjani 100’ di Belanting dan Sembalun kemarin. ( M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Event lari internasional ‘Rinjani  100’ akan berlangsung di Sembalun Lombok Timur 3 sampai 5 Juni  mendatang. Jelang pelaksanaan event bertaraf internasional ini, Bupati Lombok Timur didampingi panitia penyelenggara dan OPD terkait  turun langsung memantau berbagai fasilitas yang telah disiapkan panitia guna memastikan penyelenggaran event ini sukses. Dari 756 pelari yang mendaftar, sebagian merupakan pelari luar negeri dari 29 negara.

Bupati Sukiman terlebih dahulu melihat berbagai fasilitas di titik start tepatnya di pantai Pekandangan Desa Belanting Kecamatan Sambelia. Bupati mengecek rest area, lahan parkir, toilet, tenda termasuk juga tempat para peserta berkumpul. Setelah itu bupati melihat fasilitas yang ada di Sembalun tepatnya di Hotel Nusantara. Di sini bupati mengecek satu- persatu kelengkapan mulai dari toilet portabel, lapak bagi para UMKM termasuk  tempat tamu menginap.” Kita telah melihat langsung persiapan ‘Rinjani 100’ pertama di Belanting. Alhamdulillah rekan-rekan panitia telah menyiapkan semuanya dengan sangat baik. Bahkan pinggir pantai juga telah dibersihkan. Kini pantai ramai dikunjungi oleh masyarakat. Termasuk lapak- lapak pedagang juga telah mulai berdiri,” kata Sukiman.

BACA JUGA :  ‘Rinjani 100’ Berjalan Sukses

Begitu halnya fasilitas di Sembalun telah dipersiapkan dengan baik. ‘Rinjani 100’  telah siap digelar.”Tidak hanya panitia inti, namun Pemkab Lotim juga selaku panitia pendamping telah memberikan dukungan penuh,” lanjut Sukiman.

BACA JUGA :  ‘Rinjani 100’ Berjalan Sukses

Event internasional ini diakuinya memberikan dampak positif bagi Lombok Timur. Tidak hanya momentum untuk membangkitkan dan mempromosikan pariwisata, namun juga mampu mendongkrak  perekonomian masyarkat. Apalagi ajang ini diikuti oleh ratusan peserta.” Meski persiapan sudah baik memang ada beberapa hal yang perlu untuk dilengkapi. Namun hari semuanya  telah siap,” katanya.

Para pelari akan melewati rute ekstrem penuh tantangan.  Tidak saja fisik, mental akandiuji dengan waktu lari 50 jam. Dalam  jang ini ada  lima kategori yang tersedia yaitu 162, 119, 75, 36, dan 27, kategori yang paling banyak peminatnya adalah kategori 36 km dengan jumlah peserta mencapai 400 pelari.(lie)