Ribuan Warga Tumpah di Pantai Lobar

GIRI MENANG – Ribuan warga tumpah-ruah di pantai-pantai Lombok Barat dalam rangka merayakan Lebaran Topat kemarin. Di pantai mereka berkumpul bersama keluarga, ada yang mandi pantai.

Pantai utama yang diserbu pengunjung adalah pantai di kawasan wisata Senggigi. Di wilayah tengah dan selatan, pantai yang disasar diantaranya Pantai Kuranji Desa Kuranji Kecamatan Labuapi, Pantai Endok Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung, dan Pantai Cemare Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar. Tidak hanya kawasan pantai, warga juga memenuhi objek wisata lain seperti Hutan Suranadi, Sesaot dan Taman Narmada.

Sebelum ke pantai, warga berziarah ke makam-makam yang dikeramatkan. “Kami biasa setiap tahun begini, pergi ke makam dulu baru selanjutnya ke pantai,” ungkap Wardah, seorang pengunjung Pantai Senggigi, Rabu (13/7).

BACA JUGA :  Ngebut, Jatuh, Warga Polandia Tewas

Ramainya kunjungan menyebabkan arus lalu lintas padat. Di Senggigi misalnya, kepadatan kendaraan mulai ada mulai dari Montong, perbatasan Lombok Barat dan Kota Mataram hingga kawasan Senggigi. Pihak kepolisian sibuk mengatur arus lalu lintas dengan membuat garis pembatas darurat di bagian tengah jalan.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mengatakan, Lebaran Topat adalah tradisi turun temurun yang dirayakan warga. Lombok Barat tetap menjadi magnet Lebaran Topat warga yang berasal dari Lombok Tengah, Kot Mataram dan lain-lain.” Ikonnya ya Batulayar ini,” ungkapnya. (flo)