Sekolah Verifikasi Calon Siswa Jalur BL

MATARAM—Sejumlah sekolah favorit di Kota Mataram diburu calon siswa baru jalur Bina Lingkungan (BL). Nampak beberapa sekolah favorit masih jadi buruan seperti SDN 2 Cakranegara, SMPN 2 Mataram, SMAN 1 Mataram, SMAN 5 Mataram, SMAN 2 Mataram, SMKN 3 Mataram.

Para calon siswa jalur BL diminta syarat kartu keluarga (KK). Hal ini, untuk mempermudah melalukan verifikasi serta mengembalikan ruh dari BL sendiri sesuai aturan yang telah ada. Para orang tua juga berdesak-desakan untuk mendaftar di hari terakhir jalur Bina Lingkungan (BL), Selasa lalu (12/7).

Ketua Panitia PPDB, H Zainal Arifin mengatakan, penerimaan jalur BL akan dilakukan verifikasi. Rentang waktu pendaftaran dua hari dari hari Senin sampai Selasa. Sekolah akan melakukan verifikasi sesuai daerah asal sekolah dan lingkungan. ‘’Kita verifikasi ulang, tidak semua bisa diterima. Sisanya bisa ke sekolah swasta,’’ katanya.

BACA JUGA :  Eko Disebut Calon Kuat Sekda

Jalur penerimaan siswa diperketat, sekolah juga telah melakukan pemetaan. Sebelumnya, jalur prestasi dan online. Siswa yang tidak lulus di jalur prestasi dan online bisa melalui BL, asalkan cakupan lingkungan  tempat tinggal berdekatan dengan sekolah terkait.

Ia juga telah mengumpulkan semua kepala sekolah untuk mengikuti aturan serta instruksi  Walikota Mataram tidak melakukan pungli. Apalagi sampai ada istilah  “bayar lebih’ (BL), atau “buka lapak” (BL). ‘’Itu semua tidak ada, asalkan siswa mencukupi syarat mereka bisa diterima,’’ sambungnya.

Zainal berharap, masyarakat tidak memaksa anaknya  serta tidak menggunakan calo. Jika mencukupi syarat pasti akan diterima.  ‘’Kita terus lakukan pemantauan, serta pengawasan. Kalau ada temuan silahkan laporkan,’’ pungkasnya. (dir)