Ribuan Warga Daftar Kerja di Job Fair

JOB FAIR : Perwakilan perusahaan peserta Job Fair saat kegiatan rapat persiapan acara bersama Disnaker Kota Mataram kemarin (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM– Ribuan warga mendaftar sebagai tenaga kerja di event Job Fair yang digelar di Mataram Mall. Peserta yang telah terdaftar secara online sekitar 5 ribu orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H. Saiful Mukmin. Kegiatan bursa kerja atau Job Fair  berlangsung hingga tanggal 12 Maret mendatang dengan menyediakan 1.254 lowongan kerja. “ Sebanyak 1.254 lowongan kerja ini disediakan oleh 42 perusahaan yang ada,” jelasnya.

Kegiatan bursa kerja selama dua hari itu digelar di Mataram Mall, karena dinilai merupakan lokasi yang strategis untuk dikunjungi. Job Fair bertujuan untuk membantu para pencari kerja di Kota Mataram mendapatkan kesempatan kerja sesuai dengan skil yang dimiliki. Saat ini, jumlah pencari kerja di Kota Mataram tercatat sekitar 700 orang berdasarkan data kartu kuning yang dikeluarkan.

Ia mengatakan, dari 1.254 lowongan kerja yang disediakan oleh 42 perusahaan dari berbagai jenis usaha itu, Disnaker telah mengingatkan kepada perusahaan agar memprioritaskan pelamar dari Kota Mataram. “ Kita sudah mengingatkan kepada para pengusaha agar bisa mengalokasikan minimal 60 persen lowongan itu untuk warga kota,” ujarnya.

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Namun demikian, pihaknya tentu tidak bisa menetapkan aturan tesebut secara baku.” Artinya, kita tidak bisa memaksakan warga kota diterima sementara tidak masuk dalam kualifikasi sebuah perusahaan, karenanya sebelum melamar pelamar hendaknya memperhatikan kualifikasi dan kebutuhan pada perusahaan bersangkutan,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Hubungan Industri Kurnia menambahkan, para pencari kerja telah mendaftar secara online. Mereka membawa bukti pendaftaran baru dilakukan seleksi oleh masing-masing perusahan yang dituju. “ Yang telah daftar saja sampai 5 ribu peserta, masing-masing perushan akan melakukan seleksi secara ketat,” katanya.

Job Fair ini upaya kita untuk mempertemukan antara perusahaan dengan calon tenaga kerja yang dibutuhkan. Juga untuk menekan angka pengangguran terbuka, yang selama ini banyak didominasi kalangan berpendidikan,” singkatnya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid