Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Ta’aruf STQ KLU

LEPAS: Sekda KLU, Suardi melepas peserta pawai ta’aruf STQ I Tingkat KLU, Rabu (25/5). (HUMAS KLU FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG-Ribuan peserta yang terdiri dari lima kafilah masing-masing kecamatan, siswa TK/RA, PAUD, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kabupaten Lombok Utara (KLU) serta puluhan kelompok kesenian yang ada di Kecamatan Tanjung, ikut memeriahkan kegiatan pawai ta’aruf Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke I Tingkat KLU di Desa Tanjung Kecamatan Tanjung, Rabu (25/5).

Panitia Seksi Pawai Ta’aruf, Arnowadi mengatakan, rute pawai  mengambil titik start di Lapangan Umum Tioq Tata Tunaq Kecamatan Tanjung, menyusuri Kota Tanjung Lama, kemudian belok kiri menuju terminal lama, selanjutnya belok kanan menyusuri Jalan Karang Bayan menuju jembatan Sokong lama. Kemudian peserta pawai ta’aruf menyusuri Jalan Karang Seme, belok kanan meniti jembatan dan pertokoan Tanjung dan Finish di Lapangan Umum Tioq Tata Tunaq Kecamatan Tanjung.

Pawai ini sendiri dilepas langsung Sekretaris Daerah (Sekda) KLU, Suardi. Dalam kesempatan itu, sekda atas nama bupati mengatakan, kegiatan pawai ta’aruf ini merupakan wujud ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan STQ yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan kegiatan daerah yang strategis ini.

Selain itu, melalui kegiatan pawai ta’aruf ini, diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat ukhuwah Islamiah antara pemerintah dan masyarakat, dan antar sesama masyarakat, serta menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, baik antar sesama Muslim maupun antar umat beragama. Disamping itu, kegiatan pawai ta’aruf yang di gelar ini adalah sebagai contoh keberagaman dan heterogennya masyarakat KLU dalam seni, religi dan budayanya, namun tetap satu dan selalu berdampingan, serta saling toleransi antar sesama. “Semoga tradisi baik dan Islami ini, dapat terus dipertahankan dan ditumbuh-kembangkan secara berkelanjutan di waktu-waktu mendatang,” terang Suardi.

Suardi pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di daerah Tioq Tata Tunaq ini, untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan STQ ke-I tingkat KLU tahun 2016, dengan saling menjaga kerukunan hidup antar umat beragama dan saling hormat-menghormati dalam menjalankan ibadah masing-masing, sehingga melalui kegiatan ini, dapat memberikan pencerahan dalam mewujudkan KLU yang religius, berbudaya, adil dan sejahtera di masa yang akan datang, serta sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid