Ribuan Pengunjung Padati Pameran Hasil Penelitian Unram

PAMERAN: Memperingati Dies Natalies Unram ke 54, digelar pameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, menghadirkan ratusan hasil karya kreatif mahasiswa dan penelitian dosen Unram di Gedung Auditorium Abu Bakar, Unram, Jum’at (28/10) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Universitas Mataram (Unram) untuk pertamakalinya menggelar pameran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik karya para dosen maupun mahasiswa selama beberapa tahun belakangan ini. Pameran yang menghadirkan ratusan hasil penelitian dan karya dosen, serta mahasiswa itu dilaksanakan di Auditorium Abu Bakar, Unram selama tiga hari, 27-29 Oktober.

Pameran yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Mataram, Prof. H. Sunarpi, Jumat kemarin (28/10) itu mendapat respon luar biasa pengunjung dari masyarakat umum, mahasiswa maupun pelajar.

Buktinya, sejak hari pertama dibuka pameran yang menghadirkan hasil penelitian berbagai disiplin ilmu dari dosen dan juga hasil karya dari para mahasiswa di semua fakultas dan program study dipadati ribuan pengunjung.

Wakil Rektor I Unram, Prof. H. Lalu Wiresapta Karyadi mengatakan, pelaksanaan pameran hasil penelitian pengabdian masyarakat Unram sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati hari ulang tahun atau Dies Natalies Unram ke-54 yang diperingati tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

“Sejak hari pertama pameran yang menampilkan hasil penelitian dosen dan karya kreatif mahasiswa ini mendapat respon positif dari ribuan pengunjung, baik itu pelajar maupun masyarakat umum,” kata Wiresapta.

Ribuan pengunjung dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum memadati lokasi pameran untuk melihat secara langsung berbagai hasil penelitian dosen dan mahasiswa, serta hasil kreatifitas mahasiswa dari berbagai fakutlas di setiap stand yang disiapkan panitia dalam arena pameran yang dipustkan dalam gedung Auditorium Abu Bakar Unram.

Para pengunjung melihat berbagai hasil penelitian dosen dan mahasiswa Unram seperti pangan olahan dan berbagai makanan snack hasil dari dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Pangan (Fatepa). Begitu juga dengan Fakultas Pertanian yang menampilkan berbagai hasil temuan dan hasil desiminasi penelitian untuk teknologi pengembangan sektor pertanian.

Memperingati Dies Natalis Unram ke 54 tahun, Civitas Akademika Unram bersama seluruh mahasiswa bahkan melibatkan masyarakat umum menggelar perayaan selama satu bulan penuh dari tanggal 1 Oktober hingga 30 Oktober 2016. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan langsung berkunjung ke perkampungan warga untuk memberikan edukasi dan pendampingan serta pembinaan.

Selain melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, melibatkan langsung para dosen dan juga mahasiswa di sejumlah titik, bahkan hingga di pelosok, seperti perkampungan di Gili Gede, Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Unram, H.Amiruddin menyebutkan sedikitnya ada 40 stand yang disiapkan oleh panitia dalam pameran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dalampameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat ini semua prodi ikut memamerkan hasil karya dan penelitian mereka termasuk juga mahasiswa,’ kata Amiruddin. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid