Ribuan Jamaah NWDI Hadiri Hiziban Akbar

Hiziban akbar : Ribuan santri dan jamaah mengikuti Hiziban Akbar yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hultah NWDI ke NWDI ke 87 (M. Gazali/RADAR LOMBOK)

SELONG – Yayasan  Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor menggelar  kegiatan hiziban akbar  yang merupakan rangkaian kegiatan dalam Hultah NWDI  ke-87 bertempat di GOR Yayasan  Hamzanwadi Pancor, Kamis (14/09). Kegiatan itu dihadiri oleh ribuan santri dan jamaah NWDI.”Hiziban akbar ini merupakan  acara doa bersama untuk kebaikan bersama. Dan ini juga bagian dari bentuk suka cita dalam menyambut Hultah NWDI ke-87 dan haul Maulana Syaikh ke -25,” terang ketua umum YPH-PPD NWDI Pancor, HM Djamaluddin.

Lebih lanjut disampaikan, berbagai kegiatan telah digelar sejak 31 Agustus lalu  dalam rangka memeriahkan Hultah NWDI. Diantaranya berbagai jenis perlombaan dan hiziban akbar yang merupakan rangakaian penutup dari berbagai perlombaan yang digelar. “ Di usia NWDI ke-87 itu  menandakan usia matang untuk sebuah madrasah secara historis. Untuk itulah, diharapkan kegiatan hultah ini menjadi semangat bersama. Karenanya kita berharap Hultah NWDI  ke-87 akan menjadi  semangat awal madrasah bisa kembali ditegakkan. Yaitu menjadi madrasah yang mencetak nahdliyyin, dan kita menjadi penghimpun madrasah yang lain setelahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Kasus PMK Meningkat, Penutupan Pasar Hewan di Lotim Diperpanjang

Karenanya semangat itulah yang ingin diteruskan dengan Hultah yang ke-87 NWDI. Apalagi mengingat saat ini sudah ada Ormas NWDI yang semangatnya sesuai dengan semangat madrasah pada masa awal. Setelah hiziban akbar, kegiatan pra hultah akan dilanjutkan dengan pawai alegoris yang terbagi menjadi 2 kategori, yakni kategori Dapil 1 yang berasal dari Selong dan sekitarnya yang di laksanakan pada hari Jumat 16 September 2022.” Setelah itu akan dilanjutkan dengan  dengan pawai alegoris yang sama, namun peserta yang ada berasal dari masyarakat di luar Selong yang dilaksanakan pada Sabtu 17 September 2022. Pawai alegoris ini nantinya akan di ikuti lebih dari 24 ribu peserta,” imbuhnya.

Baca Juga :  Hasil Audit Kredit Fiktif di BPR Aikmel, Negara Dirugikan Rp 1 Miliar

Pawai  ini sebutnya, akan berlangsung selama dua hari. Ia menilai lonjakan peserta yang banyak, menandakan begitu rindunya mereka dengan Hultah NWDI ini. Terlebih lagi selama dua tahun terakhir tidak pernah digelar kegiatan akbar seperti disebabkan karena pandemi Covid-19. Karena itu pihak  yayasan juga telah menyiapkan pengamanan dengan berkoordinasi bersama beberapa lembaga, baik itu kepolisian hingga dengan beberapa OPD pemerintah yang ada. Selain itu Pihak yayasan juga telah mengalokasikan tempat untuk berjualan bagi penjual yang sebelumnya juga telah berkordinasi dengan pemerintah kelurahan Pancor.” Insyaallah dengan koordinasi sampai dengan hari ini berjalan lancar, tentunya kita harapkan juga berlanjut sampai dengan hari terakhirnya nanti di hari Ahad,” tutupnya.(lie)

Komentar Anda