Ribuan Dulang Meriahkan Pesona Budaya Pengadangan

DULANG : Ribuan dulang memeriahkan Pesona Budaya Pengadangan V yang dipusatkan di kantor Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela, Rabu (19/10). (Ist/Radar Lombok )

SELONG – Pesona  Budaya Pengadangan V yang dipusatkan di  kantor Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela kembali digelar, Rabu (19/10).  Kegiatan ini dimeriahkan dengan  beraneka ritual  dan kesenian tradisional masyarakat setempat. Termasuk juga parade ribuan dulang yang dibawa oleh  perempuan mengenakan pakaian adat Sasak. Acara dihadiri Gubenur NTB, H. Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi, Sekda Lombok Timur, pimpinan OPD dan Forkompinda Pemkab Lombok Timur maupun Pemprov NTB. Ada juga tokoh agama,  tokoh adat dan ribuan warga.

Baca Juga :  29 Pejabat Pemkab Lotim belum Selesaikan LHKPN

Gubenur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, kegiatan dan tradisi seperti ini perlu tetap dilestarikan. “ Kita bangga kepada pemerintah desa yang mampu mengadakan event dengan biaya yang minim,” katanya.

Ia berharap kegiatan seperti initetap dilestarikan. Paling penting kegiatan ini tetap digelar secara berkelanjutan.

Sementara itu Wakil Bupati H. Rumaksi menambahkan, pesona budaya mempunya arti yang luas. Pesona budaya dilaksanakan dengan kerja-sama dan gotong royong dengan anggaran yang sangat minim tapi bisa dilaksanakan.” Simbol “betetulak” melalui prosesi pesona budaya masyarakat desa Pengadangan mengandung arti persatuan dan kesatuan nilai kebersamaan dan gotong-royong di utamakan,” terangnya.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Penimbun Pupuk Subsidi

“Mari kita berbuat untuk kemajuan masyarakat kita dengan mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat berupa kearifan lokal yang diangkat oleh generasi muda melalui event seperti hari ini,” lanjutnya.(lie)

Komentar Anda