Ribuan Calon Murid Jalur Prestasi Bersaing

MATARAM—Ribuan calon peserta didik baru baru melalui jalur prestasi bersaing memperebutkan kursi yang telah disediakan sekolah-sekolah. Tes akademik untuk tingkat SMA dan SMP telah berlangsung Sabtu  (4/6) lalu.

Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Mataram, H zainal Arifin mengatakan, khusus untuk jalur prestasi semua sekolah telah melaksanakan tes akademik.  Para calon siswa baru, mengikuti seleksi akademik setelah dinyatakan lolos melalui seleksi nilai rapot per semester.

Untuk calon siswa SMA sederajat, jelasnya, selain nilai UN SMP siswa juga harus menunjukan nilai raport dari semester kelas VII. Di samping itu, calon siswa bersangkutan juga harus memiliki nilai UN minimal 8,00 untuk sekolah menggunakan KTSP dan B untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013.

BACA JUGA :  Sempat Dilarang Menulis, Siapa Sangka Prestasi Mendunia

‘’Sudah mereka tes.  untuk jenjang SMA/SMK hampir 2 ribu, sedangkan SMP masih belum dilaporkan sekolah,’’ katanya, Kepada Radar Lombok, Sabtu (4/6) lalu.

Pengumuman tes akan dilakukan tanggal 13 Juni untuk SMA/SMK. Sedangkan SMPN 25 Juni bersamaan  pengumuman kelulusan. Animo siswa berprestasi, untuk bersaing cukup besar. Mereka juga bersaing cukup ketat.

BACA JUGA :  Pencabul Murid SD Setanggor Dipenjara

Dikatakan, tim sekolah nantinya betul-betul melakukan koreksi dan seleksi. Seperti di SMAN 1 Mataram dari kursi 120 yang disediakan, ada 600 siswa berprestasi bersaing. ‘’Kelas prestasi merupakan salah satu kelas unggulan sekolah nantinya. Sehingga tiga tahun, kedepan saat kelulusan akan tampak kualitas siswa Kota Mataram,’’ sambungnya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Mataram, L Fatwir Uzali mengatakan, tes akademik untuk calon siswa berprestasi telah dilaksanakan. Sekolah dan tim akan melakukan penilaian terhadap hasi tes tersebut. Sekolah akan betul-betul melakukan seleksi tanpa ada intervensi maupun titipan. (dir)