Resmi Dibuka, Pengunjung Kuta Beach Park The Mandalika Mencapai 48 Ribu

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan toilet portable di sekitar pantai yang dapat digunakan pengunjung secara gratis. ITDC juga membangun Balawista (Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata) yang dilengkapi dengan ruang untuk pemantauan area pantai (baywatch), dengan fungsi sebagai Pos Penyelamatan, Pos Kesehatan, Pusat Informasi Wisata, dan Pengamanan Kuta Beach Park. “Pihak kami (ITDC) juga bekerjasama dengan Direktorat Polisi Air NTB dan Badan Penanganan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Tengah, yang menempatkan Tim Sea Reader sebagai petugas penyelamat di Balawista sepanjang penerapan CFD,” beber Bratasuta.

Yang menarik, di dalam area Kuta Beach Park the Mandalika juga tersedia arena bermain anak-anak, untuk mendukung destinasi wisata pantai ramah anak. “Arena bermain anak-anak ini dapat digunakan secara gratis. Namun tentu saja tetap harus mendapatkan pengawasan dari para orang tua, agar anak-anak yang bermain tetap merasa aman dan nyaman,” pinta Bratasuta.

Hanya saja, yang masih menjadi persoalan adalah tingkat kesadaran masyarakat, khususnya pengunjung lokal yang masih membuang sampah sembarangan. Meskipun pihak pengelola sendiri telah menyiapkan tempat-tempat sampah di berbagai titik. “Kami akui kesadaran masyarakat memang masih kurang dalam hal membuang sampah ini. Buktinya meskipun tempat sampah telah kami siapkan di berbagai titik dan lokasi, masyarakat tetap saja masih membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kami juga telah manambah jumlah pekerja di Kuta Beach Park the Mandalika, untuk selalu menjaga kebersihan pantai,” ucap Bratasuta.

“Pembangunan berbagai fasilitas di Kuta Beach Park the Mandalika memang belum lengkap, dan saat ini masih on progress (berjalan). Seperti lapak-lapak untuk pedagang kerajinan, makanan, dan lainnya yang masih menggunakan tenda sementara. Namun kami tetap berusaha secepatnya melengkapi, sehingga pengunjung nyaman, dan masyarakat sekitar, dalam hal ini para pedagang juga mendapatkan manfaat secara ekonomi,” pungkas Bratasuta. (gt)

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid