Resmi Dibuka, Pengunjung Kuta Beach Park The Mandalika Mencapai 48 Ribu

Kuta Beach Park The Mandalika
KUTA BEACH PARK: Sejak dibuka hari lebaran lalu, pengunjung Kuta Beach Park the Mandalika membeludak setiap harinya. Hingga hari ke sembilan pengunjung telah mencapai 48.263 orang. Tampak suasana Kuta Beach Park the Mandalika, Minggu kemarin (24/6). (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Sembilan hari sejak PT ITDC membuka secara resmi Kuta Beach Park the Mandalika untuk umum, atau pada hari lebaran lalu (15/6). Pengunjung (baca wisatawan) yang datang ke kawasan pantai berpasir putih ini hingga Sabtu (23/6), tercatat mencapai 48.263 pengunjung, atau rata-rata sebanyak 5 ribu wisatawan setiap hari.

“Hari pertama dibuka untuk umum, karena mungkin masih suasana lebaran, wisatawan yang datang berlibur ke Kuta Beach Park the Mandalika masih belum banyak, hanya 2.963 pengunjung. Namun memasuki hari kedua, ketiga, hingga hari ke sembilan, wisatawan yang datang mencapai 5 ribuan orang lebih per hari. Bahkan puncak padatnya terjadi pada hari ke sembilan, mencapai 7.026 pengunjung,” kata General Affair KEK Mandalika, I Gusti Lanang Bratasuta, Minggu kemarin (24/6).

Itu terjadi lanjutnya, karena pengunjung sangat menikmati sekali berkunjung ke Kuta Beach Park the Mandalika, atau Pantai Kuta Mandalika. “Apalagi setelah kami menerapkan Car Free Day (CFD) atau program bebas berkendaraan di kawasan Pantai Kuta Mandalika, mulai tanggal 15 hingga 24 Juni 2018 mendatang, sejak pukul 08.00 sampai pukul 18.00 Wita setiap harinya. Pengunjung kian merasa aman dan nyaman menikmati masa liburannya,” ujar Bratasuta.

Sebagai penunjang CFD, dan mengatasi kemacetan arus kendaraan, pihak ITDC sebagai BUMN pengelola KEK Mandalika, termasuk didalamnya Kuta Beach Park the Mandalika, juga telah menyiapkan tiga pintu masuk ke lokasi. Diantaranya pintu sebelah utara Masjid Nurul Bilad, pintu timur West Gate the Mandalika dekat bundaran menuju Hotel Novotel, dan pintu sebelah barat Kuta Beach Park the Mandalika. Masing-masing pintu masuk juga dilengkapi dengan areal perparkiran yang memadai.

Sementara di area Kuta Beach Park the Mandalika juga telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung, seperti dua bangunan di sisi timur dan barat pantai, yang dilengkapi dengan shower untuk berbilas, loker untuk menyimpan barang sementara, toilet, wastafel, dan lainnya, yang akan dikenakan biaya Rp 5000 untuk setiap fasilitas.