Renovasi RKB Tiga SD Sudah Mulai Berjalan

RENOVASI: Inilah SDN 7 Mataram yang sedang direnovasi dan sudah masuk tahap pembongkaran (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sejumlah Ruang Kelas Belajar (RKB) di SDN 2 Cakranegara, SDN 7 Mataram dan SDN 9 Mataram sudah mulai direnovasi. Dana renovasi ini bersumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram.

Dua dari tiga SD tersebut sudah mulai dibongkar, yakni SDN 7 Mataram dan SDN 2 Cakranegara. Sementara SDN 9 Mataram masih menunggu bantuan yang belum cair.

“Ketiga dari SD tersebut masing-masing SD mendapat bantuan kurang lebih sekitar Rp 980 juta. Bantuan itu dalam rangka merenovasi beberapa RKB yang kurang layak,” ungkap Kabid Dikdas Dikbud Kota Mataram, H. Lalu Muhamad Sidik Senin kemarin (24/7)

Renovasi RKB di beberapa SD itu, lanjutnya, sudah lama direncanakan. Ini karena kondisi bangunan di setiap SD yang ada di Kota Mataram sudah tidak memungkinkan. Sementara animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya semakin tinggi.

“Inilah kemudian yang membuat kami segerakan pembongkaran RKB di sejumlah SD. Supaya kekurangan dan kelayakan RKB di beberapa sekolah segera teratasi,” sambungnya.

Katanya, meskipun sebagian besar SD di Kota Mataram kondisi bangunannya terbilang cukup, tapi banyak yang kurang layak. Untuk sementara ini, pihaknya mengaku hanya bisa memberikan bantuan terhadap tiga SD terlebih dulu.

Sidik menambahkan, dalam hal ini pihaknya mneyediakan anggaran per sekolah kurang lebih sebesar Rp 980 juta. Karena pada pelaksanaan renovasi yang akan dilakukan oleh tiga SD tersebut modelnya adalah dua lantai.

Kemudian dari renovasi yang dilakukan rata-rata dari tiga SD tersebut merenovasi 3 RKB dan menambah RKB baru. Praktis, ada 6 RKB yang akan dibangun termasuk dengan yang direnovasi.

Terpisah, Kepala SDN 7 Mataram, Hj. Baiq Zohri Uyuni mengatakan, renovasi yang dilakukannya tersebut dia anggap sudah sewajarnya dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Kendati demikian, bangunan yang ada di tubuh SDN 7 Mataram itu sudah hampir mau puluhan tahun belum juga ada bangunan baru yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga termasuk SD yang memiliki peminat tertinggi di Kota Mataram. Praktis, penambahan dan renovasi RKB sudah semestinya dilakukan. (cr-rie)