Rawan Tumbang, Pohon Tua di Selong Dipangkas

PEMANGKASAN: Petugas KKTK saat melakukan pemangkasan pohon-pohon tua di pinggiran jalan Kota Selong yang kondisinya bisa mengancam keselamatan pengguna jalan (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Petugas dari Kantor Kebersihan dan Tata Kota (KKTK) Lotim kembali melakukan pemangkasan pohon-pohon tua di sejumlah ruas jalan di Kota Selong. Pemangkasan dilakukan, karena pohon tersebut sangat mengkhawatirkan, dan suatu saat dapat mengancam pengguna jalan.

Pemangkasan sendiri mulai dilakukan tepat di samping kantor PLN Rayon Selong. Satu persatu pohon yang berjejer dibabat petugas dengan menggunakan mesin pemotong kayu. Tidak hanya itu, sebelumnya pemangkasan juga dilakukan terhadap pohon yang berjejer di sepanjang jalan depan RSUD Dr. Soedjono Selong dan sekitarnya.

Terkait ini, Kepala Kantor KKTK sebelumnya mengatakan, sejak beberapa waktu lalu pihaknya rutin melakukan pemangkasan pohon kayu yang kondisinya sangat mengancam pengguna jalan. Itu bukan hanya di Kota Selong, namun hal sama juga dilakukan di sejumlah tempat lainnya di wilayah Lotim. “Setiap ada pengaduan dan laporan dari masyarakat, kita langsung turun mengeceknya,” ungkap Mulki, Jumat kemarin (2/9).

Meski pemangkasan itu telah dilakukan, namun di beberapa titikk keberadaan pohon tua yang rawan tumbang cukup banyak. KKTK sendiri mengaku kewalahan melakukan penertiban kayu yang rawan tumbang tersebut. Kondisi pohon tua yang menjulang tinggi, sangat menyulitkan petugas ketika hendak melakukan pemangkasan. “Kita belum mampu, karena pohon-pohonnya tinggi-tinggi sekali,” kata Mulki.

Pohon-pohon tua yang rawan tumbang  jumlahnya juga cukup banyak. Diperkirakan lebih dari puluhan pohon tua di sejumlah titik di ruas jalan wilayah Lotim. Misalnya di wilayah Pringgabaya, Dasan Lekong dan beberapa tempat lainnya. Tak sedikit dari pohon tua diwilayah itu yang cukup membahayakan pengguna jalan. “Kalau kita mau naik bahaya, karena terlalu tinggi,” jelasnya.

Baru-baru ini, pasangan suami istri warga Wanasaba menjadi korban pohon tumbang. Kayu berukuran besar rebah dan menutup ruas jalan setelah diterjang angin kencang. Korban ketika itu akan mengantar istrinya ke pasar, jatuh seketika dari atas kendaraan setelah menabrak pohon tumbang tersebut. Sang suami tewas ditempat, sementara istri korban mengalami luka serius. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut