Ratusan Wisatawan Mancanegara Mulai Berdatangan

WISATAWAN: Puluhan wisatawan mancanegara datang dari Bali ke Gili menggunakan Kapal Eka Jaya. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Ratusan wisatawan mancanegara maupun domestik mulai berdatangan ke Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) pada awal 2021 ini. Kunjungan ini setidaknya memberikan sedikit angin segar bagi para pelaku wisata yang sudah terlalu lama dahaga. “Di awal tahun sudah ada ratusan wisatawan yang masuk ke gili, awalnya tiga trip sekarang per hari ini (kemarin) menurun menjadi satu trip Kapal Eka Jaya yang datang dari Bali,” ungkap Kasi Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Pemenang Ikhsan kepada Radar Lombok, Jumat (8/1).

Diungkapkan, wisatawan mancanegara yang datang ke Gili ini merupakan wisatawan yang tinggal di Bali akibat pandemi covid-19. Sedangkan yang langsung dari negaranya belum ada, karena wisatawan mancanegara belum diperbolehkan masuk selama 14 hari dari 1-14 Januari. “Meskipun demikian, kami tetap menerapkan protap covid-19, dan mengingatkan kepada wisatawan yang datang,” terangnya.

Sementara itu, pelaku wisata Gili, Masrun mengakui bahwa wisatawan sudah ada yang datang. Namun yang datang itu-itu saja, sudah sering bolak-balik dari Bali ke Gili selama covid-19 sehingga belum berpengaruh signifikan terhadap usaha. “Memang ada tamu datang tapi itu-itu saja yang bolak-balik dari Bali ke Gili,” katanya.

Kabid Promosi Pariwisata Disbudpar KLU Setiadi menyambut bahagia atas kunjungan wisatawan mancanegara di awal tahun ini, meskipun yang datang itu sudah lama tinggal di Bali. Adapun wisatawan yang ditarget datang saat ini adalah wisatawan domestik atau mancanegara yang berada di Indonesia. Dan semoga saja gelaran MotoGP 2021 di Mandalika, berimbas terhadap kunjungan wisatawan ke KLU. “Kita harus sambut baik kedatangan wisatawan ini,” ucapnya.

Diungkapkan, target wisatawan tahun ini sebanyak 400 ribuan. Tentu membutuhkan giat promosi, meski dalam kondisi pandemi covid-19.  Pihaknya optimis, kunjungan wisatawan tahun ini akan meningkat lagi, seiring dengan gelaran MotoGP dan vaksinasi covid-19 sehingga memberi multiefek ekonomi terhadap masyarakat. (flo)