Ratusan Warga Samaguna Antar Calon Kades Mendaftar

MENDAFTAR PILKADES: Salah satu Calon Kades Samaguna, Sutarjo diantar ratusan pendukungnya mendaftar, Minggu (8/8). (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Ratusan warga Desa Samaguna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengantarkan Sutarjo mendaftar sebagai Calon Kades Samaguna, pada hari pertama pendaftaran Pilkades serentak 2021 di Lombok Utara, Minggu (8/8).

Masyarakat yang mengantar menginginkan Desa Samaguna dipimpin oleh Sutarjo yang sudah matang dengan tatanan birokrasi pemerintahan. Mengingat Sutarjo adalah pensiunan PNS KLU.

Ketua Tim Pemenangan, Raden Sumianto mengungkapkan, Desa Samaguna sebagai desa yang baru definitif dari Desa Jenggala, tentu menginginkan pemimpin yang bisa membuat fondasi yang kokoh untuk roda Pemerintahan Desa Samaguna. ‚ÄúDesa pemekaran ini membutuhkan pemimpin yang berpengalaman, pemimpin yang tegas dalam menjalankan pemerintahan desa. Karena itulah, kami mendaftar perdana di hari pertama pembukaan pendaftaran,” ungkapnya kepada Radar Lombok usai mendaftar.

Ia menegaskan, Sutarjo adalah sosok orang tua di Samaguna yang diyakini mampu membawa Samaguna ke depan lebih baik dengan pengalamannya menjadi PNS selama 40 tahun. Saat sebagai PNS telah menduduki sejumlah jabatan strategis yang berkaitan dengan pemerintah desa. Seperti Sekdes Sigar Penjalin, Kasi PMD Kecamatan Tanjung, Kasi di DP2KBPMD, PJs Kades Selelos, dan masih banyak lagi. “Inilah yang menggerakkan hati nurani kami sebagai bagian dari masyarakat Samaguna untuk memperjuangkan beliau memimpin kami di desa seumur jagung ini,” harapnya.

BACA JUGA :  Parkir Liar di Areal Pelabuhan Bangsal Bikin Semrawut

Sementara itu, Calon Kades Samaguna, Sutarjo mengatakan, alasan maju yakni ingin membangun desa yang baru definitif ini. Berbekal pengalaman di birokrasi, ia yakin banyak hal yang bisa diperbuat. “Bukan saya paling bisa dan paling pintar, tapi saya terpanggil untuk membangun desa yang baru definitif ini. Dan jika terpilih nanti, saya tidak mau berandai-andai, saya akan melakukan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

BACA JUGA :  Sempat Dilarikan dan Dilaporkan Penculikan, Ririn Akhirnya Pulang

Ia juga ingin fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan; menegakkan kejujuran dan kebenaran dalam membangun desa. Ia juga mengingatkan kepada panitia pilkades agar tetap menjaga netralitas, karena masyarakat Samaguna sudah cerdas dapat membedakan mana yang benar dan salah. “Kami harap panitia tetap menjaga netralitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Penataan Administrasi Desa pada DP2KBPMD KLU Atmaja Gumbara membenarkan, bahwa hari pertama pembukaan pendaftaran calon kades di 13 desa yakni pada 8-16 Agustus 2021. Kemudian pemilihan pada November 2021. “Dan hasil pantauan pendaftaran hari pertama ini berjalan lancar, karena pengawalan dilakukan oleh aparat kepolisian,” terangnya. (flo)