Ratusan UMKM Dilibatkan di NTB Expo 2019

NTB Expo 2019
UMKM TENUN : Salah satu produk unggulan NTB, kain tenun yang nantinya akan dipamerkan pada gelaran NTB Expo 2019. (DEVI HANDAYANI/ RADAR LOMBOK)

MATARAM Gelaran NTB Expo 2019 akan melibatkan ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menghadirkan produk lokal. Mulai dari produk pangan olahan , hingga kerajinan hasil produk UMKM lokal NTB. Selain itu, dalam gelaran NTB Expo 2019 yang dipusatkan di kompleks Islamic Center (IC).  

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB H Lalu Saswadi mengatakan, pameran NT Expo 2019 kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Mengingat, sebelumnya banyak keluhan dari pelaku usaha yang terlibat kecewa. Pasalnya, sepi dari kunjungan masyarakat dan kurangnya kesiapan dari panitia penyelenggara.

“Gelaran NTB Expo 2019 ini menjadi ajang untuk mempromosikan produk unggulan daerah,” kata Lalu Saswadi, Senin kemarin (26/8).

Dijabarkanya, produk-produk unggulan NTB yang nantinya akan di pamerkan  di gelaran NTB EXPO 2019, seperti tenun, mutiara, kerajinan batok kelapa dan beberapa produk unggulan lainnya. begitu juga dengan produk pangan olahan dan kerajnan khas NTB lainnya.  Mengingat jumlah UMKM di NTB mencapai puluhan ribu. Selain produk dari NTB, nanti juga akan ada produk UMKM dari luar daerah. Seperti ada UMKM dari Jawa Timur, Kalimantan, dan nanti dari Wedding Organizer (WO) akan mengundang siapa saja yang ikut dari berbagai daerah di Indonesia.

Iswandi memastikan sebagian besar pelaku UMKM produk khas NTB akan dilibatkan dalam gelaran NTB Expo 2019. Pameran tahunan NTB ini akan mulai selenggarakan pada 29 Agustus sampai 2 September 2019 mendatang. Selai melibatkan pelaku UMKM, juga akan diikuti semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemprov NTB dan juga kabupaten/kota. Setiap OPD juga akan menghadirka UMKM binaan mereka dalam gelaran NTB Expo 2019.

“Kami dari Diskop NTB ada 7 stand. Nanti juga akan ada dari perbankan dan Dekranasda. Kira-kira ada lebih 100 pelaku usaha mengikuti NTB Expo 2019,” sebutnya.

Ditempat terpisah, salah seorang UMKM tenun M Maliki, mengatakan dengan kembali di gelar NTB Expo 2019 akan bisa  memberikakn peluang bagi pelaku usaha, untuk mempromosikan produk mereka.  Terlebih lagi, saat ini banyak pelaku UMKM yang mulai menata kembali usahanya pascabencana alam gempa bumi tahun lalu.

 “Kami senang denga adanya pameran NTB Expo 2019 ini. Kami berharap bisa memberikan dampak posiif untuk UMKM lokal,” katanya. (dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid