Ratusan Pendaki Rinjani Berhasil Dievakuasi

Ratusan Pendaki Rinjani Berhasil Dievakuasi
EVAKUASI: Salah satu pendaki yang meninggal asal Makassar berhasil dievakuasi menggunakan helikopter. (MUHAMMAD GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Proses evakuasi para pendaki Gunung Rinjani yang terjebak pascagempa Minggu (29/7) membuahkan hasil. Dari 549 orang pendaki dalam kondisi terjebak, semuanya berhasil dikeluarkan dari kawasan pendakian. Termasuk salah seorang pendaki asal Makassar, Muhmmad Ainul Taksim yang meninggal dunia di jalur pendakian Segara Anak menuju Pelawangan Sembalun.

BACA JUGA:Kopasus Diterjunkan Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani

Proses evakuasi sendiri telah berlangsung sejak Senin lalu. Sebanyak 150 tim evakuasi yang dikerahkan ke kawasan Rinjani. Terdiri dari pasukan elit Kopasus, TNI, Polri, Basarnas, TNGR, Mapala dan dibantu warga setempat. Sementara evakuasi kemarin difokuskan terhadap 7 orang pendaki. Yaitu enam orang pendaki di Segaran Anak, dan satu lagi pendaki asal Makassar yang tewas.

Evakuasi dilakukan dua tahap dengan menggunakan helikopter. Evakuasi pertama dilakukan terhadap tiga pendaki, yakni Suharti, Erni Halimatussakdiah dan Bagus Nopandi. Ketiganya asal Jakarta. Sedangkan evakuasi tahap kedua sebanyak empat orang, salah satunya pendaki yang meninggal asal Makassar. ‘’Sebanyak 184 tim evakuasi bergerak  melakukan evakuasi. Dan evakuasi mulai dilakukan sejak kemarin, mulai dari pagi hari,’’ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum, kemarin (31/7).

Untuk evakuasi hari pertama, lanjutnya, tercatat sebanyak 543 orang pendaki dievakuasi. Karena cuaca tidak mendukung, evakuasi terhadap enam orang pendaki di Segara Anak dan satu pendaki yang meninggal terpaksa ditunda. Hingga kemudian dilanjutkan esok harinya. ‘’Total pendaki yang telah dievakuasi sebanyak 549 orang. Sedangkan untuk evakuasi hari ini, dari  tujuh orang semuanya dievakuasi menggunakan helikopter,’’ imbuhnya.

BACA JUGA: Relawan Mulai Obati Trauma Anak Korban Gempa di KLU

Disampaikan, untuk evakuasi hari ini tim di lapangan sama sekali tidak menemukan kendala apapun. Di mana kondisi cuaca di sekitar Rinjani cukup bersahabat sehingga evakuasi pun berlangsung lancar. ‘’Yang jelas, semuanya sudah clear. Termasuk pendaki dari WNA, semuannya sudah dievakuasi sejak kemarin. Kita doakan semuannya berjalan dengan baik,’’ ucap Rum.