Ratusan Pelamar PPPK Ajukan Sanggahan

VERIFIKASI : Panitia seleksi PPPK tingkat kabupaten saat mengecek kelengkapan berkas pelamar PPPK lingkup Pemkab Lombok Timur beberapa waktu lalu. (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Ratusan pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemkab  Lombok Timur yang tidak lulus seleksi administrasi mengajukan sanggahan. Dengan adanya pengajuan sanggahan ini maka tak dipungkiri jumlah pelamar  yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan bertambah atau tetap jumlahnya dari peserta yang telah lulus sebelumnya.

Diketahui total jumlah pelamar PPPK di tahun 2023 ini sebanyak 7.858 orang. Dari jumlah tersebut terdiri dari  formasi tenaga guru sebanyak 3.642 orang pelamar, tenaga teknis 1.910 dan tengah kesehatan sebanyak 2.306 orang.  Setelah dilakukan verifikasi sebanyak 7.090 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat atau lulus  di tahapan seleksi administrasi ini. ” Dari hasil seleksi administrasi  formasi tenaga guru sebanyak  3.462 pelamar yang lulus,  1.492 tenaga teknis dan 2.136 tenaga kesehatan ” kata Kabid Pemberhentian dan Informasi BKPSDM  Lombok Timur  Lalu Masri Habibullah kemarin.

Para pelamar yang tidak lulus verifikasi beber dia disebabkan karena sejumlah persoalan.  Diantaranya proses pengunggahan dokumen yang salah,  masalah pendidikan dan berbagai persoalan lainnya. Yang jelas berbagai persoalan itu terjadi tak lain disebabkan karena para pelamar tersebut tidak teliti dan cermat.” Berkas para pelamar  semuanya telah tuntas kita verifikasi. Bagi pelamar yang tidak lulus di tahapan ini mereka  kita berikan waktu untuk  mengajukan sanggahan kalau tidak puas.  Tapi sanggahan itu sama sekali tidak untuk menggantikan dokumen,” jelasnya.

Baca Juga :  Lotim Kini Berstatus PPKM Level 1

Pengajuan sanggahan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 19 sampai 21 Oktober. Setelah itu berlanjut ke  tahapan jawab sanggah yaitu tanggal 23 Oktober ” Sejak masa sanggah tercatat ada ratusan  pelamar yang telah melakukan sanggahan ke panitia ” imbuhnya. Bisa jadi nanti jumlah pelamar yang lulus di tahapan verifikasi berkas ini  akan bertambah dan juga berkurang ” imbuh Habibullah.

Kemungkinan bertambah dan berkurang disebabkan karena kemungkinan  ada dua orang melakukan pendaftaran di waktu  dan formasi yang sama. Tapi tetap hanya akan diambil satu nama saja yang lulus. Kedua orang tersebut terkadang kedua lulus atau sebaliknya.

Baca Juga :  Bupati Lotim Dapat Penghargaan dari BNN

Hal sama juga dikatakan Kepala BKPSDM Lombok Timur H. Mugni. Dijelaskannya  formasi yang didapatkan Pemkab Lombok Timur di tahun ini paling banyak dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di NTB. Dari 800 formasi yang diusulkan, Lombok Timur mendapatkan kuota sebanyak  793 formasi. Yaitu  440 formasi tenaga guru, 225 formasi tenaga kesehatan dan 98 formasi tenaga teknis. ” Berkaitan dengan perekrutan PPPK tahun 2023 ini kita minta masyarakat supaya lebih berhati- hati. Dalam arti jangan sampai tertipu atau termakan rayuan oknum  tidak bertanggung jawab  yang menjanjikan kelulusan tapi ujungnya meminta imbalan uang . Soalnya perekrutan PPPK ini  seleksi nya murni,” tandas Mugni. (lie)

Komentar Anda