Ratusan Pejabat Pemprov Dilantik

Ratusan Pejabat Pemprov Dilantik
DILANTIK : Ratusan pejabat Pemprov NTB dilantik oleh wakil gubernur NTB H Muhammad Amin di gedung Sangkareang, Jumat kemarin (31/3). (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin melantik dan mengambil sumpah 6 orang untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama hasil panitia seleksi (Pansel) beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, ratusan pejabat lainnya juga terkena mutasi. Ada yang dipromosikan dan di-nonjob-kan. “Saya pastikan pengambilan sumpah ini setelah melalui pertimbangan dan analisa jabatan,” ujar Amin saat memberikan sambutan, Jumat kemarin (31/3).

[postingan number=5 tag=”mutasi”]

Selain 6 orang untuk JPT Pratama atau eselon II yang dilantik, sebanyak 46 orang jabatan administrator atau eselon III dan 55 orang jabatan pengawas atau eselon IV juga dilantik. Sedangkan 17 orang lainnya tidak diberikan jabatan atau non job.

Sebanyak 6 orang yang dilantik dari seleksi jabatan eselon II yaitu Madani Mukarom sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK). Berikutnya Lalu Saswadi sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, Ashari sebagai Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan dan Hukum, Swahip sebagai Kepala Biro Administrasi Pengendalian Pembangunan (AP),  Ahmad Masyhuri sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Wirajaya Kusuma sebagai Kepala Biro Organisasi.

Wagub menegaskan kepada pejabat yang dilantik untuk mengelola institusi secara kolektif dengan baik. “Siapkan diri agar fokus dan bekerja dengan baik sesuai dengan bidang masing-masing secara profesional,” ucapnya.

Dikatakan, amanah yang diberikan harus dijawab dengan kinerja memuaskan. Banyak masalah di NTB yang harus segera dituntaskan dengan baik. “Dalam bekerja, harus tentukan prioritas agar jelas kedepannya,” kata Wagub.

Khusus untuk Dinas LHK, Wagub mengingatkan agar tidak takut dalam mengambil keputusan. Pejabat baru harus bisa mengikuti pejabat sebelumnya yang berani masuuk hutan dan tidak takut dengan para mavia.

Sampai saat ini, ilegal logging masih terus terjadi. Begitu juga dengan perambahan hutan ada dimana-mana. Akibatnya, banjir semakin menjadi ancaman. “Tidak perlu ragu, harus tegas,” pintanya.

Amin lalu mengajak kepada para pejabat untuk mengentaskan kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi NTB menunjukkan peningkatan yang signifikan tetapi tidak dengan pengurangan angka kemiskinan. “Oleh karena itu, kepada para pejabat mari kita sama-sama terus berupaya dalam mengentaskan kemiskinan, meningkatkan infrastruktur, dan meningkatkan jumlah investasi di Provinsi NTB,” pungkasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, H Fathurahman usai pelantikan menyampaikan, pejabat-pejabat yang dilantik untuk memperkuat kinerja pemprov di semua SKPD. Ratusan pejabat yang terkena mutasi telah melalui banyak pertimbangan.

Terkait dengan 17 pejabat yang non job, Fathurahman menyebut pejabat tersebut merupakan eselon III sebanyak 13 orang dan eselon IV ada 4 orang. “Mereka memang non job, tapi bukan karena kesalahan atau sanksi. Mereka itu mau pensiun saja dalam waktu dekat,” kilahnya. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid