Rachmat Berikan Bantuan ke Sanggar Seni

SANGGAR SENI: Anggota DPR RI Dapil NTB, H Rachmat Hidayat, melalui program Kearifan Lokal Kemensos RI, memberikan bantuan kepada Sanggar Shobab Al Falah Dasan Agung. (ist for radarlombok.co.id)

MATARAM—Upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya kepada para pelaku seni dan budaya, H Rachmat Hidayat, Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) NTB, dengan dana aspirasi yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI, belum lama ini memberikan bantuan kepada Sanggar Shobab Al Falah Dasan Agung, Kota Mataram.

“Bantuan ini, meski pun nilainya tidak besar. Namun diharapkan dapat memotivasi semangat warga untuk berkesenian, mencegah konflik dan bencana sosial, serta dapat meningkatkan komitmen masyarakat untuk selalu menjaga perdamaian,” kata H Rachmat Hidayat melalui Staf Khususnya, Lalu Candra Yudistira, Minggu (3/1/2021).

Serah terima bantuan tersebut, dilakukan oleh Yudistira, yang diterima langsung oleh Ketua Sanggar Shobab Al Falah Dasan Agung, Januar. Kegiatan sekaligus dirangkaikan dengan Pentas Penyelenggaraan Kearifan Lokal oleh pihak sanggar seni penerima manfaat, yang disaksikan perwakilan dari dinas terkait, serta masyarakat.

“Pemberdayaan para pelaku seni dan budaya di NTB, khususnya di Kota Mataram, melalui program kearifan lokal Kemensos RI ini, diharapkan dapat menjadi secercah cahaya ditengah masa pandemi Covid-19 yang terus mengancam masyarakat,” harap Yudis.

Seperti diketahui, pemerintah dimasa pandemi Covid-19 tidak lagi membolehkan masyarakat berkerumun, untuk mencegah penyebaran virus corona. Sementara disisi lain, kebijakan ini tentu saja mematikan para pelaku seni dan budaya, yang biasanya tampil di acara-acara warga atau keramaian.

“Karena itu, agar para pelaku seni dan budaya ini masih tetap bisa eksis, meskipun mungkin hanya sekadar latihan di sanggar untuk sementara, guna meningkatkan kemampuannya dalam berkesenian. Maka sebagai wakil rakyat dari NTB, Pak Rachmat memiliki kepedulian kepada para pelaku seni dan budaya ini. Semoga bermanfaat, dan bisa terus memberikan suntikan semangat kepada warga,” harap Yudis. (gt)