Race 1 WorldSBK Resmi Ditunda, Penonton Luar Daerah Kecewa

Para penonton meninggalkan arena Sirkuit Mandalika yang becek diguyur hujan. (NASRI/RADAR LOMBOK)

PRAYA–Race 1 gelaran World Superbike (WorldSBK) terpaksa ditunda karena hujan. Penonton mengaku kecewa atas penundaan yang dilakukan penyelenggara secara mendadak.

“Kita sudah menunggu lama, ujung-ujungnya race ditunda begitu saja secara sepihak,” sesal salah satu penonton, Omboy mendegar informasi atas penundaan Race 1 yang sebelumnya dijadwalkan sekitar 15.00 WITA, Sabtu (20/11).

Omboy yang datang bersama rombongan lawyer dari Jakarta ini mengatakan, jika memang ada penundaan seharusnya ada pemberitahuan kepada penonton, soal alasan penundaan. Terlebih kondisi hujan yang sebelumnya mengguyur telah reda. “Kenapa harus ditunda, sementara kami sudah terlanjur beli tiket. Tapi kok ditunda, kan ada ban basah yang bisa digunakan para ride. Kita sangat kecawa atas keputusan penundaan ini,” jelasnya.

Menurutnya, soal kondisi hujan sudah hal biasa dalam penyelenggaran balapan. Karena bukan kali ini terjadi hujan saat race. Terlebih Sirkuit Mandalika yang kali pertama digunakan para pembalap seharusnya dicoba saat hujan. Bukan malah ditunda begitu saja. “Kita sampai hujan belain untuk nonton. Tapi race tidak jadi, masa gara-gara hujan lalu nggak jadi race,” tandasnya.

BACA JUGA :  Mandalika Diguyur Hujan, Penonton di Tribun Tanpa Atap Berhamburan

Hal senada juga disampaikan salah satu penonton asal Bali, Diki yang datang bersama rombongan club motor mengaku kecewa atas penundaan yang dilakukan penyelenggara. “Kita sudah nunggu dari tadi. Tapi kok ditunda, padahal hujan sudah reda, sementara djadwal sudah ditetapkan akan digelar rece hari ini (Sabtu). Benar-benar bikin kita kecawa banget,”ucapnya.

Diki juga mempertanyakan kepada penyelenggara atas penundaan yang dilakukan secara sepihak.

“Lalu gimana soal tiket kita yang sudah terlanjur kita beli untuk nonton race hari ini (Sabtu) apa panitia sanggup kembalikan harga tiket kita,” tanyanya.

“Kita harap penyelenggara bisa bertanggung jawab soal tiket yang sudah kita beli ini, apakah dikembalikan atau gimana karena kita beli cukup mahal,” sambungnya.

BACA JUGA :  Pengamanan Final WSBK Mandalika Diperketat

Kekecewaan juga dilontarkan Putra yang datang bersama rombongan sejak kemarin untuk menonton race WorldSBK. “Ya tentu kita kecewa kalau seperti ini keputusan penyelenggara. Kita sudah bela-belaian basah kuyup ke sini untuk nonton tapi malah ditunda,” ucapnya.

Sementara pihak penyelenggara dalam hal ini MGPA, menyampaikan pihaknya menunda race disebabkan karena kondisi cuaca ekstrem sehingga memaksa penundaan WorldSBK Race 1.

Race 1 dijadwalkan ulang pada pukul 11.00 WITA Minggu (21/11/2021). “Jadwal baru hari Minggu akan mencakup WorldSBK Race 1 pada 11:00 LT (GMT +8) dan WorldSBK Race 2 akan dimulai secara teratur pada 15:00 LT (GMT +8). Kedua balapan akan berlangsung selama 21 lap. Untuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), akan ada satu balapan pada hari Minggu: Race 3. Sayangnya, ini berarti
pembatalan Tissot Superpole Race dan balapan IATC kedua hari Sabtu,” ujar pihak MGPA dalam rilisnya. (sal)