QORIAH JULILDANUR, ATLET TRIATHLON PEREMPUAN NTB BERBAKAT

Qoriah Julildanur (NASRI/RADAR LOMBOK)

Disiplin cabang olahraga (Cabor) Triathlon memang terdengar belum begitu familiar di NTB. Namun belakangan ini sejumlah anak muda di NTB mulai melek dengan olahraga yang terbilang ekstrem tersebut. Salah satunya adalah Qoriah Julildanur, yang kini mulai menekuninya.



CABOR Triathlon belakangan ini begitu kerap terdengar di telinga masyarakat NTB. Itu lantaran tidak jarang lomba Triathlon diselenggarakan di wilayah NTB. Baik yang sifatnya single event lokal, hingga internasional. Namun untuk keberadaan atlet Triathlon, secara kuantitas masih terbilang minim. Tapi kalau soal kualitas, atlet Cabor tersebut di NTB mulai bermunculan.
Dari penelusuran koran Radar Lombok, terdapat satu atlet triathlon muda dan berbakat yang mulai muncul di NTB, yakni Qoriah Julidanur. Atlet ini merupakan atlet perempuan yang punya kekuatan fisik dan skill yang cukup mumpuni.


Memiliki spesialisasi di Cabor Sepeda, Qori, sapaan akrabnya menjadikan skill di olahraga sepeda sebagai tonggak awal untuk menekuni olahraga Triathlon. “Dibilang nekat sih gak juga, walaupun Triathlon dianggap ekstrem. Karena ini kan kita mau olahraga,” katanya pada Radar Lombok, kemarin.
Dara kelahiran 5 Juli 2002 ini menggeluti Triathlon, berawal dari kecintaannya terhadap olahraga sepeda. Di olahraga sepeda sendiri, ia dikenalkan oleh orang tuanya. Namun belakangan, walapun spesialisasinya di sepeda, Qori kemudian tertarik dengan olahraga triathlon.
Awalnya Qori diajak untuk memperkuat Tim Relay di sejumlah ajang Triathlon. Pada tim Relay itu, masing-masing personal mengisi spesialisasinya.

Baca Juga :  Dari Sasambo Harum Fashion Show On The Street


Pengalaman di tim Relay kemudian membuatnya mendapatkan pemahaman di dunia olahraga Triathlon. Hingga pada PON Papua 2021 lalu, Qori dipercaya memperkuat kontingen NTB pada Cabor Triathlon lewat laga ekshibisi.
Kala itu, Qori turun di nomor Aquathlon yang mempertandingkan sepeda dan renang. “Awalnya karena penasaran saja sih. Tapi lama-lama saya makin menikmati olahraga triathlon itu,” tuturnya.


Meski tidak mendapatkan medali apapun pada ajang perdananya yang berlangsung di ajang multi event tersebut. Namun Qori mengaku cukup puas, karena merasa mendapat kepercayaan di Olahraga Triathlon.
Qori bertekad akan terus mengasah kemampuannya di olahraga tersebut. Selain turun di tim Relay, ia juga tidak jarang turun dikategori solo kelompok umur.
Sejumlah pengalaman ini kemudian membuat kepercayaan dirinya makin besar. Bahkan pada ajang Ironman 70,3 Lombok 2022 belum lama ini, Qori berhasil mengabadikan namanya di kategori kelompok umur.


Bagaimana tidak, Atlet Triathlon putri NTB, Qoriah Julildanur berhasil menjadi juara ke dua pada kategori usia 18-25 tahun, dengan catatan waktu 5 jam 44 menit. Peringkat pertama direbut Fimy Annisa Sulistyani dengan catatan waktu 5 jam 29 menit. Sedangkan posisi ketiga Azzahra dengan waktu 5 jam 53 menit. “Secara keseluruhan catatan waktu yang saya raih. Saya termasuk bertengger di peringkat keenam,” tutur Qori.
Atas keberhasilannya mengabadikan namanya itu, Qori secara tidak langsung jam terbangnya mulai tinggi. Pengalamannya itu bisa dijadikan acuan setiap kali menjalani latihan. Karena usianya saat ini masih terbilang sangat muda untuk terus mengembangkan bakatnya.
Sebagai bukti ia cukup serius dengan Triathlon, sosoknya tidak jarang mengikuti latihan training camp ke luar daerah, guna semakin memantapkan skillnya di olahraga triathlon.

Baca Juga :  TIGA HARI PELAKSANAAN WSBK MANDALIKA, BANYAK REKOR TERCIPTA


Seperti diketahui, Olahraga Triathlon merupakan olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga, yaitu Renang, Lari, dan Sepeda. Olahraga triathlon ini sangat familiar di Eropa, dan sekarang sudah menjalar ke wilayah Indonesia. Penyelenggaraan lombanya kerap dijadikan sebagai ajang single event yang menyajikan sport tourism.
Indonesia dengan pulau-pulaunya yang indah, tidak jarang dijadikan sebagai tuan rumah penyelenggara single event olahraga ekstrem tersebut. Bahkan Lombok, NTB belum lama ini ikut kecipratan menjadi tuan rumah single event triathlon bernama Ironman 70,3 Lombok 2022. (NASRI BOEDJANA – MATARAM)

Komentar Anda